Persyaratan CPNS 2019/2020 S1 Juga Cara Pendaftaran Online Lengkap

CPNSNews.Com ~ Persyaratan CPNS 2019/2020 S1 Juga Cara Pendaftaran Online Lengkap | Pengumuman resmi bukaan CPNS 2019/2020 sudah dirilis pada 1 Oktober 2019 lalu dalam Surat Resmi dengan nomor B/1007/S.SM.01.00/2019.

Saat ini 11 November 2019, link SSCN BKN sudah bisa diakses, cek juga Persyaratan CPNS 2019/2020 S1 Juga Cara Pendaftaran Online Lengkap. cek di SSCN BKN 2019/2020





Apa saja poin penting dalam surat tersebut? Berikut ringkasan singkatnya, setidaknya ada 10 poin utama yang tercantum dalam surat tersebut yaitu :

  1.     Pengumuman bukaan CPNS tahun 2019 dipastikan Oktober - awal November
  2.     Pendaftaran sebagai Peserta dimulai November 2019
  3.     Pengumuman hasil kelulusan administrasi, Pada Desember 2019
  4.     Massa sanggah berlangsung pada Januari 2020
  5.     Pengumuman jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD), yaitu Januari 2020
  6.     Pelaksanaan SKD CPNS 2019, Februari 2020
  7.     Pengumuman kelulusan peserta hasil SKD, Maret 2020
  8.     Pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB), Pada Maret 2020
  9.     Integrasi nilai SKD dan SKB, April 2020
  10.     Penetapan NIP dan pengangkatan sebagai CPNS, April 2020

Baca juga : Kemenpan-RB Rilis Jadwal Penerimaan CPNS 2019

Berikut Persiapan yang bisa dilakukan bagi calon Peserta tes CPNS 2019/2020

Fakta unik CPNS 2019 yang akan diadakan pada awal tahun 2020, juga akan bukaan di akhir tahun 2020, artinya ada 2 penerimaan CPNS di tahun 2020.

Pada saat pengumuman CPNS yang tertulis di poin pertama diatas maka pada saat itu juga syarat dan tahapan seleksi CPNS diumumkan, calon peserta langsung melengkapi persyaratan tersebut dan lakukan pendaftaran pada jadwal yang telah ditentukan.

Tahapan seleksi pertama adalah kelulusan administrasi peserta CPNS yang pengumumannya akan dirilis pada Desember 2019, sistem pendaftaran yang dilakukan sebelumnya adalah secara online oleh karena itu maka isi sesuai dengan data yang benar dan penuhi syarat yang telah ditentukan.

Apabila lulus administrasi selanjutnya ada jeda waktu untuk tes SKD, ini saatnya memperluas wawasan dan mematangkan persiapan untuk mengikuti tes agar hasilnya menjadi maksimal.

Lulus SKD bukan berarti lulus sepenuhnya, melainkan ada tes SKB yang wajib dilalui dan hanya peserta yang lulus SKD dan SKB yang nantinya dinyatakan lulusan CPNS 2019/2020.

sscasn.bkn.go.id, CPNS 2019 Dibuka 25 Oktober, Jadwal Pendaftaran, Formasi, Syarat, Cara Daftar

Rekrutmen CPNS Dimulai Bulan Oktober 2019

Kementerian PanRB memberi info jika akan ada 100 ribu lowongan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) di tahun 2019. Lebih tepatnya sekitar 100 ribu CPNS dan 75 ribu posisi untuk PPPK.


Dalam setiap bukaan tes CPNS tiap tahun yang paling ditunggu adalah saat pendaftaran peserta tes CPNS itu mulai dibuka baik secara online maupun offline namun dalam setiap tahapannya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peserta agar bisa diterima dan resmi mendapatkan kartu tanda peserta tes CPNS yang kali ini adalah persyaratan pendaftaran CPNS tahun 2019/2020.


Sebenarnya sejak beberapa periode penerimaan CPNS yang lalu, cara pendaftaran bisa dilakukan secara online dan juga offline yang tentunya bagi calon peserta yang pernah mengikuti jalur pendaftaran sebelumnya pastinya sudah paham mengenai prosedur pendaftaran baik secara online maupun offline namun tidak bagi calon peserta yang baru akan ikut tes seleksi CPNS 2019/2020 tahun ini sesuai dengan jadwal CPNS 2019/2020.


Adapun yang dimaksud pendaftaran online adalah pengisian formulir pendaftaran yang didapatkan secara online dan juga dilakukan pengisiannya juga secara online pada situs resmi panselnas agar bisa mendapatkan kartu tanda registrasi online calon peserta tes CPNS tahun 2019/2020.

Semua tahapan online ini dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun kecuali untuk koneksi internet (itu menjadi tanggungan masing-masing calon peserta) namun agar semuanya lancar sebaiknya menyiapkan semua keperluan saat melakukan pendaftaran tes secara online untuk menjadi peserta tes CPNS 2019/2020.

Beberapa persyaratan yang harus disiapkan adalah kartu identitas bisa menggunakan KTP dengan penggunaan Nomor NIK pada KTP sebagai pendaftaran username pada situs online web sscn bkn (panitia seleksi nasional) tes CPNS tahun 2019/2020.

TATA CARA DAN SYARAT PENDAFTARANONLINE CPNS di SSCN.BKN.GO.ID
Mengenai cara pendaftaran silahkan cek di Cara Daftar CPNS 2019/2020.

cpns 2019/2020


Hal lain yang berkaitan dengan persyaratan secara online tersebut adalah pas foto resmi guna di upload ke situs web nantinya bila tahapan yang dilalui sudah sesuai dengan prosedur yang ada, juga nomor Ijazah termasuk nilai IPK terakhir yang juga diperlukan untuk mengisi kolom dalam formulir pendaftaran CPNS 2019/2020 secara online.

Pada akhirnya saat tahap demi tahap registrasi online tes CPNS tahun 2019/2020 berhasil dilaksanakan maka akan berakhir dengan print out kartu tanda melakukan registrasi pendaftaran online tes seleksi CPNS tahun 2019/2020 setelah mendaftar di web SSCN BKN.

Jika telah mendapatkan kartu tanda registrasi tadi selanjutnya adalah melengkapi persyaratan lainnya yang dibutuhkan dalam pengajuan lamaran ikut tes CPNS 2019/2020 yang akan dikirim via post menuju kantor BKD atau BKPP tempat penyelenggaraan tes CPNS daerah setempat.

Berbicara mengenai persyaratan yang harus dilengkapi dalam pengajuan lamaran tes CPNS tahun 2019/2020 memang tergantung pada kebijakan yang dibuat oleh masing-masing daerah penyelenggara mengingat sistem otonomi daerah yang memang sudah berlaku hingga saat ini.

Namun secara umum yang lebih sering digunakan sebagai syarat dalam seleksi CPNS tiap tahun adalah Fotocopy Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, surat lamaran pekerjaan yang ditulis tangan (sesuai contoh per daerah masing-masing jika ada), surat keterangan sehat dari dokter, SKCK (kadang dibutuhkan oleh daerah tertentu) dan lain-lain.

Saat semuanya persyaratan telah lengkap termasuk syarat dari pendaftaran yang dilakukan secara online sebelumnya maka tahap akhir adalah mengirim semua itu melalui kantor pos sambil menunggu balasannya beberapa hari kemudian sesuai dengan formasi tes CPNS yang diikuti.

Dalam surat balasan yang akan dikirim ke calon peserta akan ada 2 kemungkinan yang akan terjadi, pertama adalah sukses mendapatkan kartu peserta tes seleksi CPNS 2019/2020 atau kemungkinan yang kedua adalah dikembalikannya berkas yang diusulkan yang disebabkan oleh kurangnya syarat yang diajukan.

Syarat Pendaftaraan Peserta CAT CPNS 2019/2020



Ketentuan Umum
Proses seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019/2020 ini terbuka untuk semua Warga Negara Indonesia.
Peserta ujian bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi di lokasi yang ditentukan atas biaya sendiri. 
Persyaratan Umum
  1. Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta sehat jasmani dan rohani. 
  2. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan. 
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  4. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS/Calon Anggota TNI/Polri serta Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan pihak manapun. 
  5. Tidak menjadi pengurus dan/atau anggota partai politik.

PELAKSANAAN UJIAN
  • Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi akan diumumkan melalui situs online. 
  • Kuota untuk peserta yang lulus seleksi administrasi dan dapat mengikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD). 
  • Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi dapat mencetak kartu tanda peserta ujian melalui situs online kementerian atau pengadaan CPNS Daerah; 
Syarat mengikuti ujian dengan membawa:
  1. KTP asli, 
  2. Ijazah asli, 
  3. Transkrip nilai akademis asli, dan 
  4. Kartu tanda peserta ujian. 
  5. Apabila peserta ujian tidak membawa persyaratan sebagaimana tersebut pada point (4), peserta tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur. 
  6. Pengumuman dan jadwal ujian dapat dilihat di situs online kementerian atau pengadaan CPNS Daerah; 
  7. Apabila peserta ujian tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan, peserta tidak dapat mengikuti ujian dan dinyatakan gugur. 
Demikianlah mengenai persyaratan pendaftaran tes CPNS 2019/2020 atau yang lebih tepatnya "Pendaftaran CPNS Tahun 2019/2020 Online Juga Persyaratan Lengkap", selanjutnya buka web sscn untuk pendaftaran kemudian silahkan dibagikan agar semua paham, terima kasih.

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

65 Responses to "Persyaratan CPNS 2019/2020 S1 Juga Cara Pendaftaran Online Lengkap"

  1. Kenapa ipk minimal itu harus diwajibkan, toh itu semua masih melalui tes, seharusya pemerintah lebih bijak dalam melayani hak semua warganya,, ipk yang tinggi belum tentu sebanding dengan kemampuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. passing grade adalah amanat undang-undang dalam perekrutan CPNS, jadi harus digunakan standar ambang batas nilai.

      Hapus
    2. Ipk 2,50 sudah boleh.. Tidak bisakah pemerintah menurunkan sedikit saja stndar IPk nya,kasian teman yang Ipk nya di bawah standar yang di tentukan

      Hapus
    3. Bagaimana dengan lulusan UT yg ipknya dibawah 2,5 pak? Pdhl banyak sekali lulusan UT yg tdk bsa ikt cpns krna ipk rendah. Mohon untuk menurunkan syarat ipk shingga kami yg lulusan UT bisa ikut merasakan tes cpns pak

      Hapus
    4. kemarin ipk MASIH MINIMAL 2,75 kok sekarang naik lagi jadi 3.00 tolong koreksi kembali peraturannya

      Hapus
    5. seharus nya PEMERINTAH cari yang berpengalaman dalam mengajar, orang pintar belum tentu berpengalaman, orang berpengalaman pasti pinter! coba pikirkan guru yang sudah mengajar bertahun2 dan dan diharuskan kuliah di UT yang mengikuti kuliah, program Reguler dan mendapat IPK nya 2,35 itu sudah tinggi, kalo dibandingkan sama yang IPK nya 3,00 atau 4.00( bisa dikatakan camloude atau apalah) belum tentu bisa mengajar, dan ternyata sekarang IPK nya di batasi, Betapa PEMERINTAH tidak memikirkan guru yang sudah mengajar belasan tahun hanya dihancurkan harapan nya oleh yang baru lulus.....

      Hapus
    6. Seharusnya ada kebijakan khusus dari pemerintah bagi yang sudah mengajar /Gtt, yang masa kerjanya diatas 10 tahun lebih diprioritaskan, juga ditinjau dari dapodik pun jg bisa, terima kasih

      Hapus
  2. Untuk smk sederajad gak bisa ya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesuai kebutuhan di daerah masing-masing, kalau di bukaan sebelumnya ada formasi penjaga lapas untuk lulusan SMA/Sederajat.

      Hapus
  3. Kalo tes toefl, diwajibkan mkasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada umumnya tidak wajib untuk beberapa formasi

      Hapus
  4. Lulusan SMK tahun ini di buka gak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu pengumuman resmi, dibuka sesuai kebutuhan di daerah.

      Hapus
  5. Kalau ipk yg dulu standar ambang batas 2,50 gimana masa tidak ada kebijakan????karena ipk untuk zaman now paling tidak 3.00 tiapkampus,,,,minta kebijakan kalau model gtu...berarti menghilangkan kesempatan pada yg ipk dibawah 2,65

    BalasHapus
    Balasan
    1. calon peserta wajib memenuhi persyaratan yang ditetapkan

      Hapus
    2. Kalo seperti itu pemerintah memang sengaja menginginkan pengangguran di indonesia menigkat. Jika memang ada persyaratan dengan angka, apa kabar dengan anggota dpr yg bahkan tdk kuliah ? Dan saya juga yakin 100% tdk semua panitia pelaksanaan cpns 2019/2020 memiliki ipk sesuai dengan standar yg kalian tetapkan. Sebelum memberikan batasan syarat dengan sebuah angka, coba tingkatkan dulu pendidikan di Indonesia. Kalo pendidikan di Indonesia sudah meningkat dan mahasiswa/i tetap memiliki ipk kecil, itu patut dipertanyakan. Apakah muridnya yg salah atau metode pendidikan Indonesia yg belum mampu memberikan murid dengan nilai2 tertinggi ? Utk menentukan standar pendidikan indonesia, bisa dengan meningkatnya jumlah murid sebesar 75% murid diseluruh Indonesia harus memiliki rata2 nilai yg tinggi. Bila tdk maka jangan belagu ingin menentukan standar syarat. Dan latar belakang pendidikan itu juga berlaku untuk seluruh Rakyat Indonesia termasuk presiden bukan hanya utk cpns.

      Hapus
  6. Formasi apa saja yang mewajibkan memiliki sertifikat toefl ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu rilis pengumuman resmi pada akhir oktober (bila tidak ada perubahan)

      Hapus
  7. Sertifikat TOEFL dari universitas apakah bisa? Atau harus dari lembaga lain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat TOEFL dari lembaga resmi, termasuk universitas.

      Hapus
  8. 1. Min apakah untuk melamar cpns guru harus ada sertifikat pendidik?
    2. Apakah bila ktp belum jadi dapat diganti dengan surat keterangan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sertifikat pendidik adalah penunjang bagi yang ingin mendapatkan nilai SKB 100%, dan bila belum jadi bisa minta surat keterangan dari Disdukcapil. Semoga bisa membantu.

      Hapus
  9. Min mau nanya kalau akreditas kampus harus pakai fc atau yang asli?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu info resminya, umumnya FC Legalisir.

      Hapus
  10. min mw tanya. saya kan llusan UT. klo mw minta surat ket. akrdtsi kampus apakah bebas bsa dmn aja?krna UT itu banyak diberbagai daerah

    BalasHapus
  11. Tes SKB bagi lulusan SMA itu bagaimana bentuk tesnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak berbeda jauh dgn lulusan sarjana, dilakukan pasca tes SKD selesai dilaksanakan.

      Hapus
  12. Assalamualaikum, Mau tanya...apa saja persyaratan berkas Tes CPNS 2019 bagi yang lulusan S1?...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam, persyaratan bisa cek di http://www.cpnsnews.com/2019/10/penting-inilah-syarat-dan-cara-daftar.html

      Hapus
  13. Untuk pendaftaran cpns ipk 2.99 bisa ya? Atau minimalnya 3.00? Saya baca ada yg bilang minimal 3.00. Yg mana ya yg benarnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info resmi belum dirilis, sabar ya, tunggu 25 oktober mendatang

      Hapus
  14. Min mo nanya, saya dr sumut. gmn cara mengetahui kuota yg d trima dan daerah dmn saja khusus sumut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang belum rilis resmi, tunggu pengumuman Menpan di tanggal 25 oktober.

      Hapus
  15. Utk sertifikat akreditasi harus tertera dengan tahun kita kuliah kah?, bgaimna jika ada akreditasi baru yg tahun nya berbeda lebih maju 1 tahun dr tahun lulusan kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status akreditasi akan dijelaskan pada persyaratan di tanggal 25 oktober nanti.

      Hapus
  16. min punte mau tanya. kalo SKCK masuk persyaratan juga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKCK termasuk persyaratan umum yang menyatakan bahwa kita berkelakuan baik sebagai syarat menjadi ASN, tapi wajib atau tidak umumnya berdasarkan kebijakan dari daerah yang membuka penerimaan CPNS.

      Hapus
  17. Mohon standar Ipk nya di turunkan menjadi 2,50 agar semua warga bisa mengikutinya.

    BalasHapus
  18. Kasian yg nilai ny d bawah 2.50, karna standar kelulusan bagi Ut itu 2.0 sdh lulus, ajrng Mala g k pake kasian sampai k mana nasip apakah kami hy jd penonton yg tak punya kesempatan, jika pengabdian sekian tahun hy gigit jari jd penontin dan menangis

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya kuliah rajin, belajar rutin...ikut UTS & UAS. penyesalan selalu diakhir.

      Hapus
  19. IPK 2,23 apakah bisa daftar CPNS?

    BalasHapus
  20. Apakah pengumuman ini resmi?

    BalasHapus
  21. Info ini benarkah?

    BalasHapus
  22. Apakah ada formasi untuk jurusan pg.paud min?

    BalasHapus
  23. Untuk umur cpns minim n maximal brp?
    krn mengajar sudah 17 Tahun blum pns.umur sudah 37 thn

    BalasHapus
  24. Kasian yang IPK dibawah 2,75
    Kalau 2,74 tidak bisa ikut kah

    BalasHapus
  25. tolong IPK diturunin bos...kuliah di UT 2.0 aja dah lulus kasian yang IPnya di bawah 2.50.....contoh seperti saya hanya jadi penonton...saya dah mengabdi sejak 2006 gimana nasib saya....tolong kebijakanya pak pemerintah...!!!!

    BalasHapus
  26. Syarat untuk CPNS untuk komputer apa aj

    BalasHapus
  27. Bisa gak melamar cpns pakai suket yah, blangko ga ada jd ktp gak kelar

    BalasHapus
  28. saya juga dibawah 2,5 dan tidak berkesempatan daftar CPNS nilai di UT mmg sulit seali...mau gimana lagi semoga ada kebijakan pemerintah utk memperhatikan guru honor spt kita....kita kalau mengeluh entar diketawain banyak orang...

    BalasHapus
  29. Mau tanya untuk yg baru lulus di bidang keperawatan Profesi Ners dan baru mengikuti UKOM apakah bisa ikut?

    BalasHapus
  30. sy kelahiran september 1984, usia 35 pas.. bisa daftar nggak yaa¿??

    BalasHapus
  31. Iya perlu di di respon kembali saya ipk 255 jurusan pustakawaan dari ut perlu di repisi kembali biar punyak haak sama..

    BalasHapus
  32. Ipk sekarang sangant membenankan,

    BalasHapus
  33. Semisal lulusan s1 tetapi daftar dibidang untuk lulusan D3 boleh atau tidak?

    BalasHapus
  34. apakah s1 bisa lamar formasi d3 tapi masih satu jurusan

    BalasHapus
  35. Tahun lalu PTN 2,75 dan yg swasta 3.00 kok tahun ini dipukul rata?gimana nasib kami yg IPK-nya 2,9nan.
    Apakah masih ada kesempatan?

    BalasHapus
  36. Mohon diturungkan Tahun IPK menjadi 2.50 Ya Pemda. Hormat

    BalasHapus
  37. Mohon kebijakanny dari Pemerintah untuk Ipk 2.00 untuk di buka CPNS'y d wilayah area Pegunungan Jawa Tengah.

    BalasHapus
  38. Formasi utk s1 paud nya kpan dibuka ?

    BalasHapus