CPNSNews.Com ~ Soal CPNS 2018 Software CAT dan Download Premium Terlengkap | Bagi yang butuh Soal CPNS tahun 2018 untuk belajar dalam rangka persiapan mengikuti seleksi CPNS 2018 maka disini kami berikan Soal CPNS Lengkap beserta download software gratis termutakhir dalam bentuk soal simulasi yakni dengan sistem CAT CPNS khusus tahun 2018 sesuai dengan kisi-kisi terlengkap termasuk soal tes wawasan kebangsaan (TWK), soal tes pengetahuan umum (TPU) dan juga soal tes karakteristik pribadi.

Sejak beberapa waktu terakhir seleksi CPNS selalu menggunakan sistem CAT CPNS yang digunakan berhasil meminimalisir kesalahan pengisian pada soal sehingga kini peserta tinggal berfokus pada pengisian soal saja sedangkan hasilnya akan langsung keluar beberapa saat setelah pelaksanaan tes seleksi CPNS 2018 selesai. Di sistem manual sebelumnya ada banyak fokus peserta yang terpecah mulai dari ketelitian dalam pengisian biodata hingga cara pengisian yang jika salah akan mengakibatkan lembar jawaban menjadi kotor dan akan berpengaruh terhadap keluar tidaknya hasil tes seleksi di era tes CPNS LJK.

Artinya saat ini kunci kelulusan terletak pada pemahaman kita tentang soal tes CPNS yang ujikan tanpa harus memikirkan hal yang lain, untuk itu disini akan dibagikan pengalaman mereka yang sebelumnya telah sukses lulus tes CPNS mungkin saja bisa menjadi inspirasi bagi calon peserta tes CPNS 2018 yang akan ikut tes.

cpns 2018

Sebagai seorang calon PNS yang akan mengikuti seleksi super ketat, maka ada nilai plus yang harus dimiliki agar bisa unggul dibandingkan dengan peserta lain, hal yang utama adalah wawasan peserta. Poin penting dari keberhasilan mengerjakan soal ujian CPNS dengan baik adalah seberapa luas wawasan peserta tes terhadap pribadi calon pegawai yang diinginkan, ya kita tidak harus menguasai semua materi tes yang sifatnya umum melainkan yang perlu diketahui adalah kriteria apa saja yang diperlukan sebagai PNS nantinya karena tentu tujuan dari pemerintah melaksanakan tes CPNS itu untuk memilih calon unggul yang nantinya menjadi pegawai.

PNS sendiri bertugas sebagai abdi praja atau pelayan masyarakat dan sebagai pelayan diharapkan sosok yang sabar namun cekatan dan tanggap terhadap keadaan sekitar serta mampu memberikan solusi pada situasi genting tertentu juga punya jiwa kepemimpinan yang bukan sekedar obsesi pemimpin.

Ya dari 3 jenis soal yang diujikan meliputi tes wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan juga karakteristik pribadi tentu semuanya mengarah kepada uji kepribadian yang memang dibutuhkan pada kondisi Indonesia sekarang untuk menjadi pelayan masyarakat sehingga nantinya jika terpilih dan lulus dalam tes seleksi CPNS yang diujika sudah tentu sudah memiliki dasar yang dibutuhkan untuk menjadi pegawai negeri sipil yang handal dan juga profesional.

Jika dikaji lebih dalam tentu soal tes CPNS itu cukup unik dan punya pola tertentu dan seandainya kita paham mengenai pola-pola yang dimaksud maka akan jauh lebih mudah mengerjakan soal CAT CPNS di software komputer pada saat ujian CPNS 2018 nanti berlangsung.

Misalkan kita ambil contoh soal penjumlahan campuran pada jumlah besar, mungkin sebagian dari kita bisa mengerjakannya dengan benar menggunakan cara konvensional dengan menghitung satu persatu, memang hal ini baik namun yang menjadi masalah adalah penggunaan waktu yang berlebihan pada penyelesaian soal tertentu.

Jujur itulah yang terjadi pada tes seleksi CPNS yang saya ikuti pertama dulu, waktu berjalan begitu cepat dan tak terasa pada akhir waktu pengerjaan ternyata tidak semua soal ujian CPNS mampu diisi disebabkan saya terpancing pada soal-soal tertentu yang cukup rumit, penasaran terhadap salah satu soal akan sangat merugikan waktu pengerjaan.

Mungkin sobat semua tahu bahwa dalam 100 soal CAT CPNS yang terinstal dalam software CAT di komputer tes CPNS itu mempunyai bobot nilai yang sama, artinya jika benar akan menambah satu poin meskipun itu soal tersulit yang ada pada keseluruhan soal CPNS yang diujikan.

Dalam keseluruhan soal disusun berdasarkan tingkat kesulitan yang berbeda mudah dari tingkatan yang sangat mudah, mudah, agak sulit, sulit dan paling sulit tentu porsinya berbeda bagi masing-masing peserta, terkadang semakin cerdas peserta maka tingkat penasaran terhadap satu soal yang sulit itu tak terhindarkan, akibatnya ia akan melewatkan beberapa soal dengan tingkatan yang mudah karena kehabisan waktu.

Itu salah satu strategi yang perlu dikuasai selain dari pemahaman mengenai soal CAT CPNS lainnya, ya masih banyak hal yang tersirat dalam ujian tes seleksi CPNS yang akan diikuti. Gagal di tahun pertama membuat saya tidak akan melewatkan kesempatan kedua di tahun berikutnya dan akhirnya impian kini persiapan matang yang saya lakukan jauh-jauh hari sebelum tes itu berbuah manis karena sudah setahun ini status menjadi CPNS di salah satu kabupaten di Sumatera Selatan, ikut diklat pra-jabatan sudah selesai, tinggal menunggu pelantikan 100% menjadi PNS dalam waktu dekat.

Lebih mendalam mengenai Soal Tes CPNS 2018

Pucuk dicinta ulam tiba. Peribahasa ini rasanya pas sekali untuk menggambarkan perasaan teman-teman yang saat ini sedang menanti-nanti jadwal penerimaan CPNS 2018. Seperti yang kita ketahui bersama, karena beberapa alas an, penerimaan CPNS 2015 ditiadakan, sehingga wajar saja bila sebagian teman-teman merasa kecewa. Namun sebagai gantinya, pada tahun ini kabarnya Pemerintah akan membuka penerimaan sebanyak 240 ribu di berbagai bidang.

Pendaftaran CPNS 2018 sendiri akan dilakukan melalui website sccn.bkn.go.id. Meski sepele, namun ternyata tahap pendaftaran ini memegang peranan yang cukup besar. Yang perlu diingat dan diperhatikan, pada saat pengisian data, teman-teman sebaiknya mengisi data dengan tepat dan mengecek terlebih dahulu sebelum disimpan. Begitu pun dengan alamat email yang dimasukkan, sebaiknya merupakan alamat email yang aktif. Karena data yang sudah tersimpan tidak bisa lagi diubah dengan alasan apapun.

Untuk sistemnya sendiri, Pemerintah telah menetapkan tes penerimaan CPNS 2018 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test atau yang biasa dikenal dengan CAT. Dalam sistem CAT ini, soal-soal ujian akan meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang berjumlah 100 soal dalam waktu 100 menit dan disusun berdasarkan 3 bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TKW), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW)

Di bagian ini, teman-teman nantinya akan menemukan soal-soal yang berhubungan dengan wawasan tentang kebangsaan dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kenegaraan. Untuk lulus, dibutuhkan angka lebih dari atau sama dengan passing grade, yakni 70 atau setara dengan 14 jawaban benar. Soal-soal di bagian ini memerlukan daya ingat, karena kita diharuskan menghapal. Pancasila, Pasal, Tata Negara dan Amandemen Undang-Undang Dasar 1945 merupakan soal-soal yang sering muncul di dalam tes.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Soal-soal  pada bagian TIU akan lebih terfokus pada hal-hal umum dan penalaran. Ada berbagai macam soal yang akan muncul, mulai dari kemampuan verbal (akronim, sinonim, korelasi kata, dll), kemampuan numerik (seri huruf, deret angka, aritmatika, dll), hingga pengetahuan umum. Agar lulus di bagian TKD, teman-teman membutuhkan angka minimal 75 atau setara dengan 15 jawaban benar.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Jujur, saya paling suka bagian ini saat mengikuti tes, bahkan nilai saya hampir mendekati sempurna. Mengapa? Karena di bagian ini kita hanya perlu berfikir positif dalam menyikapi setiap soal. Tidak perlu menghapal, tidak perlu menghitung. Cukup jadi orang yang baik. Dan lagi khusus di bagian ini semua jawaban akan memiliki nilai. Mulai dari 1-5 poin tergantung seberapa dekat kita dengan jawaban yang paling tepat. Enak bukan? Jadi, jangan sampai kalian melewatkan satu soal pun.

Adapun persyaratan kelulusan lainnya adalah sebagai berikut:

a. Kelulusan diberikan jika nilai teman-teman melebihi nilai passing grade yang telah disebutkan di atas. Jika pun nanti tidak ada yang melebihi nilai passing grade, maka kelulusan untuk formasi tersebut dinyatakan kosong

b. Apabila dalam suatu formasi ada dua orang peserta atau lebih yang memiliki total nilai yang sama, maka untuk menentukan rangking didasarkan pada nilai tertinggi berdasarkan nilai TKP terlebih dahulu, baru nilai TIU dan TKW.

Cukup mudah, kan? Tapi seperti yang sama-sama kita ketahui, semakin lama persaingan semakin ketat, jadi berusahalah untuk mencetak nilai terbaik. Bukan rahasia umum kalau beberapa oknum memanfaatkan pendaftaran CPNS sebagai ajang untuk mengeruk kekayaan pribadi. Tapi yakinlah, seiring dengan niat dan doa yang tulus, kita pasti bisa mengatasinya.

Kadang yang jadi masalah adalah mood kita yang sering naik-turun. Tapi kami telah membuktikan itu. Hanya butuh kerja keras dan komitmen. Tanpa uang sepeserpun. Tidak adanya ruginya kita belajar dan berjuang dengan gigih. Pelajarilah banyak tipe soal, semakin banyak berlatih, semakin PD kita nantinya dalam mengerjakan tes. Disini kami telah menyediakan soal-soal CPNS dengan pembahasan di dalamnya, agar kita lebih mudah mempelajari dan mengingat tanpa harus membuka banyak buku.

Satu langkah mudah untuk mewujudkan itu semua adalah dengan mendapatkan paket lengkap soal CPNS dan pembahasannya di paket premium terlengkap Soal CPNS 2018, silahkan daftar, bayar lalu download disini.

Praktis, kan? Cukup dengan harga puluhan ribu teman-teman sudah bisa memiliki soal dengan fitur CAT ini sehingga bisa merasakan dengan langsung atmosfir tes nantinya dan melakukan simulasi, bahkan di rumah sekalipun. Selamat mencoba. Salam sukses

Oh ya nantinya pada saat ujian nanti hasil kelulusan didasarkan pada 2 hal yakni pencapaian ambang batas nilai atau passing grade yang telah ditentukan oleh panselnas menpan dan juga perankingan perolehan nilai masuk passing grade dengan total nilai tertinggi, selamat berjuang dan semoga beruntung.
Description
: Soal CPNS 2018 Software CAT dan Download Premium Terlengkap
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Soal CPNS 2018 Software CAT dan Download Premium Terlengkap