BKN Penerimaan CPNS 2019 Formasi yang Dicari untuk S1

Menpan.go.id ~ Kemenpan dan BKN adalah 2 instansi yang berwenang dalam perekrutan CPNS 2019 oleh karena semua informasi yang valid mengenai bukaan CPNS hanyalah yang berasal dari salah satu instansi tersebut.

Kini telah masuk di bulan Juni 2019, lalu bagaimana perkembangan CPNS 2019, apakah benar isu yang beredar selama ini bahwa akan ada bukaan CPNS di bulan Oktober atau November 2019? Berikut kami akan mengabarkan informasi terbaru terkait dengan tes CPNS 2019.

Kabar sebelumnya adalah dengan dikeluarkan Surat Kemenpan tentang aturan pengadaan ASN 2019 pada 20 Mei 2019 lalu, kurang lebih seperti berikut ringkasan isinya.


Poin penting dalam surat tersebut adalah jumlah formasi dan cara atau aturan pengusulan formasi CPNS dari daerah yang disesuaikan dengan beberapa kategori yang mempengaruhi boleh tidaknya suatu daerah mengadakan perekrutan CPNS 2019 yaitu jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memasuki batas usia pensiun tahun 2019, rasio jumlah penduduk dengan PNS, dan luas wilayah.

Berdasarkan Surat Menteri PANRB Nomor B/617/M.SM.01.00/2019 tentang Pengadaan ASN Tahun 2019, usulan kebutuhan ASN tahun 2019 bagi pemerintah daerah harus memperhatikan ketersediaan anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan prinsip zero growth, kecuali untuk pemenuhan ASN bidang pelayanan dasar. Adapun usulan untuk jabatan pelaksana harus berpedoman pada peraturan Menteri PANRB Nomor 41 Tahun 2018 tentang nomenklatur Jabatan Pelaksana, dan untuk Jabatan Fungsional diprioritaskan pada jenjang ahli pertama, terampil, serta masih dimungkinkan untuk jenjang pemula.

Lalu berapa alokasi formasi yang diperuntukkan untuk daerah di tahun 2019 ini?

Untuk alokasi pegawai, pemerintah daerah mendapat 30 persen untuk CPNS, dan 70 persen untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan pegawai di bidang pelayanan dasar pada satuan/unit kerja di daerah terpencil, tertinggal, dan terluar dengan memberi kesempatan kepada pegawai non-PNS yang saat ini masih aktif bekerja secara terus-menerus sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Pengadaan ASN diutamakan bagi satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.

Artinya peluang untuk bisa menjadi pegawai pemerintah terbuka lebar yakni 70% jalur PPPK dan 30% jalur CPNS, mengenai jumlahnya akan kami bahas di akhir postingan.

Sedangkan untuk pemerintah pusat, usulan kebutuhan memperhatikan peta jabatan yang telah ditetapkan PPK, dan jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun tahun 2019, serta kesediaan anggaran untuk latsar bagi CPNS. Untuk alokasi pegawai, pemerintah pusat mendapat 50 persen untuk CPNS, dan 50 persen untuk PPPK yang diprioritaskan untuk satuan/unit kerja yang dalam pengadaan CPNS tahun 2018 tidak mendapat alokasi tambahan pegawai baru.

Dan informasi yang terbaru adalah mengenai rincian penerimaan CPNS 2019 sebagai berikut.

Pemerintah Pusat = Jumlah : 46.425 orang yaitu CPNS 23.213 orang dan PPPK 23.212 orang.
CPNS 2019 diisi oleh 2 jalur yakni CPNS Pelamar Umum sebanyak 17.519 orang dan CPNS Sekolah Kedinasan 5.694 orang.

Pemerintah Daerah = Jumlah : 207.784 orang yaitu CPNS 62.324 orang dan PPPK 145.424 orang.
CPNS Daerah 2019 diisi oleh 2 jalur yakni CPNS Pelamar Umum sebanyak 62.249 orang dan CPNS Sekolah Kedinasan 75 orang.

Mengenai penerimaan CPNS 2019 tentu sudah cukup jelas karena memang hanya ada 2 jalur saja, lalu bagaimana dengan PPPK 2019, sebab banyak pertanyaan yang masuk bahwa di periode bukaan sebelumnya PPPK baik pusat maupun daerah hanya diperuntukkan bagi ex-Tenaga Honorer K2 saja.

Nah bukaan penerimaan CPNS 2019 yang akan berlangsung nanti di PPPK dibuka 2 jalur yaitu selain dari ex-Tenaga Honorer K2 melainkan juga dari Honorer biasa.

Agar lebih jelas bisa cek dalam gambar berikut.


Peluang apa saja yang bisa diikuti oleh lulusan S1?

Bagi kamu yang memang lulusan S1 tidak perlu khawatir sebab mayoritas formasi memang diperuntukkan oleh lulusan sarjana, hanya saja pilihan formasi harus linier atau sesuai dengan latar belakang pendidikan calon pelamar, misalnya untuk Guru SD ya harus S1 PGSD, begitupun yang lainnya.

Selain S1 ada juga DII, DIII bahkan peluang untuk lulusan SMA, namun sekarang kami belum bisa memberikan rinciannya, kita tunggu rilis resmi dari panitia, atau bila ingin lihat formasi di tahun sebelumnya sekedar untuk referensi maka bisa cek di situs BKN untuk bukaan CPNS yaitu SSCN.bkn.go.id


Tes CPNS 2019 segera dibuka, mari persiapkan diri bersaing secara sehat.

Ada peluang yang sangat besar dalam bukaan CPNS kali ini namun semuanya akan sia-sia bila hanya dilewatkan begitu saja.

Meskipun menjadi PNS adalah bukan jalan untuk mencari kekayaan namun jaminan hari tua bagi PNS memberikan daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja, dan hingga kini PNS masih menjadi alternatif utama dalam mencari pekerjaan meskipun bukaannya masih langka, terlebih sejak adanya kebijakan moratorium.

Untuk itu pergunakan dengan baik kesempatan yang ada untuk bisa bersaing meraih tujuan menjadi PNS di seleksi CPNS tahun 2019 ini, lalu bagaimana caranya agar bisa lulus?

Sebelum mengikuti seleksi maka yakinkan hati terlebih dahulu dan percayai bahwa seleksi CPNS di era modern sekarang berbeda dengan bukaan tempo dulu, sebab bisa dijamin bahwa penerimaan CPNS sudah minim kecurangan sejak digunakan sistem komputer sebagai media untuk tes kompetensi.

Berikut beberapa tips bisa lulus CPNS 2019 menurut cpnsnews.com, antara lain :
  1. Kuasai materi ujian, terutama SKD yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan, tes pengetahuan umum, dan tes karakteristik pribadi.
  2. Banyak berlatih mengerjakan soal, bisa dengan memanfaatkan simulasi tes CPNS yang menggunakan CAT (computer assisted test)
  3. Banyak belajar sejak dini, artinya sejak saat ini, makin panjang waktunya tentu makin banyak hal yang bisa dipelajari.
  4. Tetap jaga kesehatan terutama menjelang tes, buat apa persiapan matang namun pada waktunya malah tidak bisa ikut tes karena sakit.
Jika semua tips tersebut sudah lakukan dengan baik maka mudah-mudahan akan lancar dalam menjawab soal dan juga bisa mendapatkan hasil yang optimal.

Selaini itu yang perlu diwaspadai bahwa momen bukaan CPNS ini adalah momen nasional yang selalu menghebohkan dan di setiap ada keramaian sering kali ada oknum yang memanfaatkan situasi dengan berbagai modus, dengan meminta uang pendaftaran misalnya lalu dengan menjanjikan mampu meluluskan CPNS ataupun yang menjual soal-soal tes CPNS beserta kunci jawaban.

Ketahuilah bahwa semakin canggih maka seleksi apapun itu yang bentuknya tes akan semakin ketat dan akuntabel, jangan pernah menyerahkan nasib kepada orang lain karena yang mampu merubah nasib adalah diri kita sendiri dengan berusaha semaksimal mungkin, bahkan lebih maksimal dari orang lain terutama rival sesama peserta tes CPNS 2019. Good Luck

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "BKN Penerimaan CPNS 2019 Formasi yang Dicari untuk S1"

Posting Komentar