Mendikbud akan Tuntaskan Honorer K2, Usul ke Menkeu Gaji APBN Besaran UMR

CPNSNews.Com ~ Kabar gembira bagi Honorer K2, tahap demi tahap semuanya akan dituntaskan oleh Mendikbud, ada tahap pertama sudah sebagian diangkat P3K, dan di tahun 2019 ini ada juga penerimaan P3K tahap 2.


Kabar baik lainnya bahwa semua Honorer K2 akan diangkat dengan gaji dari APBN dan besarnya sesuai dengan UMR, prosesnya tengah diusulkan dari Mendikbud ke Menkeu, selengkapnya akan dibahas disini dalam Mendikbud akan Tuntaskan Honorer K2, Usul ke Menkeu Gaji APBN Besaran UMR.


Adapun Honorer K2 yang dimaksud adalah Guru Honorer K2, Mendikbud telah mengusulkan bahwa nantinya gaji guru Honorer K2 diambil dari Dana Alokasi Umum (DAU) dari APBN dengan jumlah yang akan diterima yakni sesuai besaran UMR yang berlaku.

Menurut Mendikbud pada 13 Agustus 2019 lalu di kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Sistem Zonasi Sekolah menyatakan bahwa pihaknya telah mengusulkan kepada Menteri Keuangan terkait hal tersebut dengan tahap selanjutnya adalah dibuatkan payung hukum agar ada legalitas sebagai solusi atas permasalahan Honorer K2 yang belum diangkat menjadi PNS.

Meskipun dinilai perihal pengangkatan honorer ini sangat dilematis namun Mendikbud berjanji akan menuntaskan permasalah Honorer K2, dan kebijakan ini diperuntukkan untuk tenaga honorer yang tidak diangkat melalui jalur CPNS dan P3K 2019.

Secara teknis sudah ada 2 jalan yang telah direncakan Mendikbud untuk menuntaskan Guru Honorer K2, yang pertama adalah pengangkatan CPNS bagi honorer yang memenuhi PP Managemen ASN, dan kedua adalah pengangkatan P3K untuk Honorer K2 yang diatas 35 tahun.

Sebelumnya sudah dilaksanakan juga perekrutan P3K Honorer K2 tahap 1 dengan jumlah kuota 75 ribu orang namun sayangnya ekspektasi tak sesuai kenyataan dari 90 ribu pendaftar hanya 34 ribu orang saja yang lulus tes.

Padahal dinilai bahwa soal tes P3K dibuat dengan tingkat kesulitan dibawah soal tes CPNS, ditanyakan lebih lanjut kepada Menkeu, beliau menyatakan jika memang ingin masuk dalam anggaran APBN memang harus memiliki kualifikasi yang baik, berikut pernyataan Mendikbud selengkapnya.

“Saya ditanya Bu Menkeu, apa mau anak bapak diajari guru yang tidak lulus tes. Karena memang untuk tes PPPK ini lebih mudah. Saya hanya bilang, terus memperjuangkan mereka karena guru honorer K2 ini sudah belasan hingga puluhan tahun mengabdi. Memang sangat dilematis tapi harus diselesaikan,” kata Mendikbud.

Harapan Mendikbud ke depan bahwa gaji Honorer K2, sungguh diperhatikan karena jika dilihat dari kondisi sekarang tentu honorer butuh perbaikan gaji karena rata-rata isentif yang diterima hanya Rp. 300 ribu perbulan.

Nantinya, gaji guru honorer K2 ini masuk dalam APBD (dana dari APBN) sehingga pemda yang bertanggung jawab penuh. Baca juga : nasib honorer k2 dalam CPNS dan PPPK 2019.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Mendikbud akan Tuntaskan Honorer K2, Usul ke Menkeu Gaji APBN Besaran UMR"

Posting Komentar