Bimbel Tes CPNS Makin Marak, Efektifkah?

Menjelang dibukanya lowongan CPNS 2019 saat ini marak layanan bimbel tes CPNS di berbagai daerah maupun yang dilaksankan secara online di internet. Tingginya minat masyarakat untuk menjadi abdi negara tampaknya dimanfaatkan benar oleh para pelaku bisnis.

Namun efektifkah bimbingan belajar semacam ini dalam mengantarkan peserta CPNS agar bisa lolos?

Tahapan paling krusial agar bisa menjadi pegawai negeri adalah keharusan mengikuti tahapan seleksi yang dilakukan. Baik tes seleksi kompetensi dasar (SKD) maupun seleksi kemampuan bidang (SKB). Untuk bisa lolos, hasil nilai semua tes CPNS harus melewati nilai passing grade yang telah ditentukan.

Bimbel Tes CPNS
Foto-BKN

Itupun jika jumlah peserta yang lolos passing grade sesuai dengan kuota formasi yang disediakan. Namun jika lebih sedikit, maka yang terpilih adalah peserta yang memiliki nilai hasil tes tertinggi. Karena itu penting sekal memersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar siap saat mengikuti tes CPNS.

Tips Persiapan Agar Lolos CPNS


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan diri terutama dalam menghadapi tes CPNS. Diantaranya dengan berlatih sesering mungkin dengan menggunakan materi soal tes CPNS yang banyak betebaran di internet. Anda juga bisa membeli buku tentang latihan soal tes CPNS yang belakangan juga banyak dijual di toko buku.

Cara lain mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti layanan bimbingan belajar (bimbel) tes CPNS yang juga banyak disediakan berbagai kalangan. Baik secara offline maupun yang secara online.

Bimbel tes CPNS umumnya menawarkan pengalaman dalam mengerjakan soal-soal tes CPNS. Layanan semacam ini umumnya juga memberikan tips dan trik dalam mengerjakan soal dengan cepat seperti biasanya dipraktekkan pada bimbel masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Selain memberikan layanan latihan mengerjakan soal tes CPNS, bimbel semacam ini juga menyelnggarakan try out yang diadakan dalam waktu tertentu. Tak sedikit lembaga bimbel semacam ini yang menyelenggarakan uji coba soal-soal tes CPNS langsung dengan menggunakan komputer seperti layaknya mengerjakan soal sebenarnya yang diadakan CAT BKN.

Biaya Ikut Bimbel Tes CPNS


Lantas berapa sih biaya mengikuti bimbel tes CPNS semacam itu? Apakah peminatnya juga tinggi untuk mengikuti bimbel?

Sepeti dikutip dari sejumlah media online, maraknya bimbel tes CPNS ternyata disambut antusias masyarakat. Untuk biayanya juga bervariasi tergantung paket yang disediakan, mulai dari Rp 600 ribuan hingga Rp 3,5 jutaan.

Biaya yang lebih murah disediakan untuk paket belajar mandiri secara online. Penyelenggara umumnya menyediakan website lengkap dengan modul yang bisa diunduh hingga materi yang bisa dipelajari peserta. Dalam waktu tertentu juga diadakan try out online.

Sedangkan biaya yang agak mahal disediakan untuk kegiatan bimbel offline dimana peserta mengikuti pertemuan dalam sebuah kelas yang disediakan di berbagai cabang atau daerah. Biaya mahal ini sudah termasuk modul, buku, konsultasi, grup diskusi, dan try out.

Meskipun biaya yang mesti dikeluarkan peserta untuk mengikuti bimbel tes CPNS cukup mahal, namun penyelenggara tak ada yang berani memberikan jaminan agar lolos CPNS.

Sementara Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyatakan tidak mempersoalkan maraknya bimbel, buku soal CPNS, hingga penyelenggaraan try out tes CPNS. “Yang penting tidak boleh menggunakan logo dan nama CAT BKN karena BKN tak pernah menjalin kerja sama dengan pihak manapun untuk kegiatan semacam itu,” kata dalam rilis yang dibuat di laman BKN.go.id

Bahkan dalam sebuah cuitannya di akun Twitter resmi BKN, instansi ini mengancam akan melakukan TKP dengan membawa polisi jika ada pihak yang mencatut nama BKN.

Buat anda yang ingin mengikuti dan mendaftar penerimaan CPNS 2019 bisa mempersiapkan diri dengan banyak cara, selain dengan ikut bimbel tes CPNS anda juga bisa mencari sendiri layanan try out tes CPNS gratis yang banyak terdapat di internet.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Bimbel Tes CPNS Makin Marak, Efektifkah?"

Posting Komentar