BKN Rilis Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka November

Waktu dimulainya pendaftaran CPNS 2019 akan mulai dilakukan pada sekitar tanggal 10 November 2019. Hal itu jika pemerintah jadi akan mengumumkan secara resmi penerimaan Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 pada tanggal 25 Oktober mendatang. Setelah pengumuman akan ada waktu 15 hari hingga dimulainya pendaftaran daring.

Dalam rilisnya, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan menyatakan bahwa pengumuman perndaftaran akan dilakukan pada akhir Oktober hingga awal November mendatang. Rencananya, pengumuman akan disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Sementara itu dalam kesempatan terpisah, Menteri PAN-RB Syafruddin mengatakan bahwa pemrintah akan secepatnya mengumumkan proses rekrutmen ASN 2019. "Ya mulai 25 Oktober, sudah siap," tandasnya.

Menurut Ridwan, dalam waktu 15 hari kalender sejak diumumkan secara resmi, akan disampaikan ke publik infromasi tentang formasi apa saja yang tersedia. Masyarakat bisa mengakses website maupun media sosial milik masing-masing instansi yang membuka lowongan tersebut. BKN juga menyediakan website resminya termasuk melalui portal bkn.go.id.

pendaftaran cpns 2019
Foto-BKN

Menurut rencana pmerintah akan membuka sekitar 197.117 formasi. Jumlah terbagi menjadi 37.854 formasi yang duperuntukkan bagi 74 kementerian atau lembaga di pusat dan 159.257 formasi untuk sekitar 467 pemerintah daerah, baik provindi, kota, maupun pemerintah kabupaten.

Namun seperti dikatakan Ridwan, jumlah ini belum final karena menunggu terbentuknya kabinet baru. Apalagi Presiden Jokowi setelah pelantikan menyatakan kemungkinan akan ada kementerian baru. Hal ini tentunya akan memberikan konsekuensi kebutuhan pegawai baru.

Tahapan Pendaftaran CPNS 2019


Setelah pemerintah mengumumkan secara resmi tentang rekrutmen ASN 2019, masyarakat yang berminat untuk menjadi abdi negara diharapkan untuk mencermati formasi yang disediakan. Apalagi masing-masing instansi maupun pemerintah daerah yang membutuhkan pegawai baru akan mencantumkan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi calon palamar sebelum waktu pendaftaran tiba.

Baca juga: Benarkah Materi Tes CPNS 2019 Lebih Sulit? Yuk Intip Bocorannya!

"Dalam waktu 15 hari kalender sejak diumumkan secara resmi, masyarakat bisa mengamati formasi apa saja ada. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui website dan media sosial dari masing-masing instansi,” kata Ridwan.

Namun untuk portal SSCASN yang beralamat di sscasn.bkn.go.id menuut Ridwan belum bisa diakses karena memang belum waktunya. “Portal sscasn belum bisa diakses karena memang belum dibuka. Entry formasi pun belum dilakukan, wong mereka belum menerima," ujar Ridwan.

Dikutip dari rilis resmi BKN, formasi yang disediakan pada ASN 2019 terbagi dalam dua kelompok. Yaitu formasi umum yang diperuntukkan bagi masyarakat dan formasi khusus untuk para pelamar lulusan cumlaude, disabilitas, diaspora, putra-putri Papua, dan formasi yang bersifat strategi di pusat.

Berikut ini tahapan penerimaan CPNS 2019 yang sebaiknya dikenali dan diketahui para calon pelamar.

1.Tahap Pengumuman

Selain mengumumkan dimulainya rekrutmen ASN 2019, ini juga merupakan tahapan penetapan formasi CPNS 2019 kepada kementerian atau lembaga pusat maupun pemerintah daerah. Ada waktu 15 bagi instansi atau pemda untuk memperbaiki formasi yang telah diumumkan.

2.Tahapan Pendaftaran

Terhitung 15 hari sejak diumumkan dan formasi telah disetujui instansi dan pemda, maka akan mulai dibuka pendaftaran atau registrasi online. Jika pengumuman jadi dilaksanakan pada 25 Oktober, maka pendaftaran darring akan dimulai pada 10 November 2019.

3.Tahap Seleksi Administrasi

Setelah pelamar mendaftarkan diri secara daring dengan melengkapi berbagai dokumen dan persyaratan yang dibutuhkan, maka akan dilakukan proses selksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi rencananya akan dilakukan pada Desember 2019. Setelah itu akan langsung diumumkan jadwal dan peserta yang lolos untuk bisa mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada Januari 2020.

Baca juga: Ingin Ikut Simulasi Tes CPNS 2019, Begini Caranya!

4.Tahapan Tes SKD

Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilaksanakan Januari 2020 dengan menggunakan sistem komperisasi yang dinamakan CAT BKN.

5.Tahapan Tes SKB

Tahap selanjutnya yaitu tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Sebelumnya akan diumumkan hasil tes SKD.

6.Tahap Integrasi Hasil Tes SKD dan SKB

Integrasi kedua hasil tes, yaitu tes SKD dan SKB akan dilakukan pada bulan April 2020.

Demikianlah informasi pendaftaran CPNS 2019 yang rencananya akan dibuka November berdasarkan rilis resmi dari BKN.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "BKN Rilis Pendaftaran CPNS 2019 Dibuka November"

Posting Komentar