Cara Upload Berkas Scan Pendaftaran CPNS 2019 di sscn.bkn.go.id

CPNSNews.com ~ Meski web sscn.bkn.go.id saat ini (tulisan ini dibuat) masih belum bisa diakses atau belum aktif namun tidak ada salahnya jika kita memahami persyaratan apa saja yang harus diupload nantinya sehingga bisa menyiapkan file scan maupun file lain yang diperlukan.

Merujuk pada keterangan Menpan pada bulan lalu maka pengumuman tes CPNS akan resmi dirilis besok, dan kita semua masih menantikan hal itu. Pastikan akses pengumuman hanya di web sscn.bkn.go.id bukan yang lain.


Hati-hati akan kabar hoax yang beredar, pastikan cek terlebih dahulu kebenaran suatu berita baru kemudian membagikannya melalui sosial media.

Berbicara mengenai sosial media, BKN memiliki satu akun asli twitter yang updatenya cukup rutin dan adminnya sering aktif, bahkan beberapa rujukan website berita nasional merujuk pada twitter tersebut, untuk pastikan informasi terbaru dari SSCN BKN bisa cek di twitter https://twitter.com/BKNgoid

Persiapan Persyaratan yang akan di upload saat Pendaftaran CPNS 2019

Sebelum membahas syarat apa saja yang akan diunggah sewaktu proses pendaftaran maka ada beberapa langkah wajib yang harus diingat bagi calon pelamar CPNS 2019, setidaknya cermati langkahnya di Cara daftar CPNS 2019 lalu lanjutkan beberapa langkah berikut.
  1. Persiapkan email aktif
  2. Siapkan scan pas foto 2 X 3 dan 4 X 6 dengan background merah format JPEG maksimal ukuran 300 KB.
  3. Lalu scan ijazah dengan ukuran maksimal 300 KB dengan format PDF.
  4. Kemudian scan transkrip nilaimu berformat PDF maksimal ukuran 300 KB
  5. Akte kelahiran juga discan maksimal ukuran 300 KB format PDF.
  6. Scan KTP format JPEG maksimal ukuran 300 KB.
  7. Lalu scan bukti akreditasi jurusan format PDF maksimal 300 KB.

Persyaratan tersebut merujuk pada seleksi CPNS sebelumnya dan untuk tahun ini masih sama, hanya saja bila ada tambahan lainnya mari kita cek kembali pengumuman formasi resmi yang dirilis.

Nah dari beberapa poin diatas yang pertama adalah scan pas foto, silahkan ambil dari file foto yang belum dicetak, tinggal dirubah ukuran file fotonya dengan pedoman berikut.

Jenis Foto Dalam CMUkuran Foto Dalam Pixels
Foto 2X376×113 Pixels
Foto 3X4354×472 Pixels
Foto 4X6472×709 Pixels

Cara mengecilkannya bisa menggunakan "Ms. Office Picture Manager" yang semua komputer atau laptop ada, dengan menggunakan menu resize, atau menggunakan "Paint", keduanya sama baiknya namun mengenai langkah proses mengecilkannya tidak akan dibahas disini, silahkan googling aja, yang penting cek ukuran pixcel fotonya.

Selain pas foto ada juga scan ijazah, transkip nilai, akte kelahiran, KTP dan akreditasi. Cara scan tidak hanya bisa menggunakan scanner melainkan bisa juga menggunakan HP dengan bantuan aplikasi "Camscanner".


Untuk mengecilkan ukuran file PDF bisa dengan mengompressnya secara online yakni di https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf, atau dengan cara lain, silahkan googling banyak petunjuknya.

Apabila semua sudah siap baik file scan maupun ukuran file maka bisa langsung diunggah pada formulir pendaftaran yang kita akses di sscn.bkn.go.id

Sekali lagi kami ingatkan kepada sobat semua bahwa ukuran file yang melebihi ukuran maksimal bisa membuat PDF atau gambar scan kita ditolak oleh sistem, untuk itu pastikan kembali ukuran setiap file yang akan diunggah.

Lalu cermati tutorial & cara login dan mengupload dokumen persyaratan pendaftaran CPNS 2019 atau penerimaan CPNS 2019 ini perlu diketahui agar saat mendaftar tidak salah lagi. Dengan begitu, saat pendaftaran CPNS 2019 atau penerimaan CPNS 2019 , langsung bisa. Tutorial & cara mengaupload dokumen persyaratan pendaftaran CPNS 2019 dapat dipelajari terlebih dahulu.

Penjelasan Persyaratan CPNS Lebih Lanjut

Pada rekrutmen CPNS 2018, sebelum melakukan pendaftaran, pelamar diwajibkan membuat akun SSCN terlebih dahulu.

Sementara itu, jika alur pendaftaran CPNS 2019 masih sama seperti tahun lalu, tahapannya seperti di bawah ini:

1. Pelamar membuka web sscn.bkn.go.id dan membuat akun SSCN. Informasi penerimaan CPNS biasanya tersedia di portal SSCN.

2. Panduannya seperti ini:
  • Untuk melakukan pendaftaran, pelamar memilih menu registrasi
  • Pelamar mengisikan NIK (Nomor Induk Kependudukan), Nomor KK (Kartu Keluarga) atau NIK Kepala Keluarga
  • Pelamar mengisikan alamat e-mail aktif, password akun portal SSCN, dan pertanyaan keamanan
  • Pelamar mengunggah pas foto ukuran 120-200kb dengan format .JPG atau .JPEG. Lalu, cetak dan simpan kartu informasi akun SSCN Anda.

3. Pelamar melakukan login ke portal SSCN menggunakan NIK dan password yang telah
didaftarkan

4. Pelamar melengkapi data dan mengunggah dokumen:
  • Pelamar mengunggah foto diri (selfie) memperlihatkan KTP dan Kartu Informasi Akun untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya
  • Pelamar melengkapi biodata dengan benar
  • Pelamar memilih instansi, formasi, dan jenis jabatan sesuai pendidikan (pelamar hanya dapat memilih satu jabatan pada satu formasi dan satu instansi)
  • Pelamar melengkapi data pada form yang tersedia. Pastikan mengisi data dengan benar
  • Klik simpan data yang telah dicek di-resume. Sekali lagi, pastikan data terisi dengan lengkap dan benar. Data yang telah diklik kirim tidak dapat diubah dengan alasan apa pun
  • Pelamar mengunggah dokumen yang diperlukan sesuai persyaratan instansi
  • Pelamar mengecek isian yang telah dilengkapi pada form resume. Setelah itu, cetak kartu pendaftaran SSCN. Kartu pendaftaran SSCN menjadi bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran melalui portal SSCN.
5. Langkah selanjutnya akan dilakukan oleh tim verifikator instansi.

Tim verifikator akan melakukan verifikasi berkas atau dokumen yang diunggah atau dikirimkan oleh pelamar berdasarkan syarat pendaftaran.

Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi akan mendapatkan kartu ujian untuk mengikuti proses seleksi selanjutnya sesuai ketentuan instansi.

Jika lolos, pelamar akan melakukan serangkaian tes yang telah ditentukan. Tahun sebelumnya, informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi
CPNS terkait.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Cara Upload Berkas Scan Pendaftaran CPNS 2019 di sscn.bkn.go.id"

Posting Komentar