CPNS 2019 Diumumkan 25 Oktober, Guru dan Tenaga Medis Dominasi Formasi

Penerimaan CPNS 2019 akan diumumkan secara resmi pada tanggal 25 Oktober mendatang. Tak kurang ada 541 instansi pusat maupun daerah yang membuka sebanyak 197.111 formasi. Dengan makin dekatnya waktu penerimaan CPNS sebaiknya siapkan segera dokumen dan persyaratan lain jika anda berniat untuk menjadi abdi negara.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Syafruddin menyatakan bahwa pihaknya telah siap untuk segera mengumumkan proses rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019. "Ya mulai 25 Oktober, sudah siap," ujar Syafruddin.

Tunggu Kabinet Baru


Seperti telah dikabarkan sebelumnya, waktu pengumuman CPNS 2019 memang sudah sangat ditunggu masyarakat khususnya yang ingin menjadi abdi negara. Tanggal 25 Oktober menjadi momen yang tepat pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden baru yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober mendatang.

lowongan cpns guru 2019
Foto-BKN
Pada tahun ini pemerintah akan membuka tak kurang dari 197.111 formasi pada rekrutmen ASN 2019. Jumlah ini untuk memenuhi kebutuhan pegawai di 541 instansi, baik di pusat maupun daerah. Meskipun demikian tidak semua instansi yang ada mendapat jatah untuk membuka formasi pegawai baru.

Dari jumlah 197.111 formasi yang dibuka, sebanyak 80 persennya atau sekitar 159.257 formasi diperuntukkan bagi 467 pemerintah daerah. Sedangkan 37.854 formasi sisanya atau 20 persen dari total formasi untuk posisi di kementerian dan lembaga di tingkat pusat.

Baca juga: Apa Sih Manfaat Latihan Soal CPNS 2019? Ini Komentar Ahli!

Waktu pengumuman CPNS yang dilaksanakan pasca pelantikan presiden, menurut Kepala Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, terutama untuk mengantisipasi jika lembaga atau kementerian yang bertambah atau bergabung.

"Sebagai panselnas CPNS 2019 kita harus menyesuaikan formasi yang telah disiapkan dengan struktur kabinet yang baru nanti," kata Ridwan.

Guru dan Tenaga Medis Mendominasi Formasi CPNS 2019


Lebih jauh Ridddddddwan menjelaskan bahwa dari 197.111 formasi yang dibuka pada penerimaan CPNS 2019 ini sebagian besar diperuntukkan bagi tenaga pendidik dan medis. Formasi ini ternyata menjadi kebutuhan terbesar daerah yang akan dibuka pada ASN 2019 kali ini.

Menurut Ridwan, tak kurang ada 140 ribu fomasi yang disediakan untuk tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis. Ada empat besar formasi CPNS 2019. Masing-masing adalah untuk tenaga guru sebanyak 63 ribuan, tenaga kesehatan (terdiri dari dokter, dokter gigi, bidan, dan perawat ada 31 ribuan, tenaga teknis fungsional sebanyak 23 ribuan, dan tenaga teknis lainnya dibuka sebanyak 28 ribuan.

Seperti dikatakan Menteri PAN-RB Syafruddin bahwa CPNS 2019 lebih banyak memprioritaskan formasi untuk tenaga teknis dibandingkan tenaga administrasi. Dengan dominasi tenaga pendidik, medis, dan teknis inilah diharapkan kebutuhan pegawai, khususnya di daerah dapat dipenuhi.

Prioritas terhadap tenaga teknis pada lowongan CPNS 2019 ini, menurut Syafruddin, terutama guna mendukung pengembangan program nasional maupun untuk pengembangan SDM dan infrastruktur. "Pegawai kita sekarang didominasi pegawai administrasi umum. Nah kita sedang mengubah dan memperbaiki komposisi. Sekarang prioritas pada tenaga teknis," kata Syafruddin.
Kuota Khusus pada CPNS 2019

Pada penerimaan CPNS 2019 ini pemerintah memang memberikan prioritas pada empat formasi yang telah disebutkan di atas. Khusus untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan diprioritasnkan untuk kebutuhan daerah.

Lihat juga: Standar Passing Grade Nilai Kelulusan CPNS 2019 yang Wajib Anda Tahu

Selain itu seleksi CPNS 2019 pemerintah juga mengalokasikan kuota khusus. Kuota ini terutama disediakan untuk pelamar penyandang disabilitas, diaspora,  cumlaude, dan untuk putra-putri asal Papua/Papua Barat. Diaspora adalah orang yang ada diluar negeri. Sedangkan cumlaude adalah orang yang lulus dengan nilai tertinggi.

Namun terkait jumlah kuota khusus ini baru akan diumumkan secara detail pada pengumuman CPNS 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Oktober mendatang.

Demikianlah informasi tentang CPNS 2019 yang menyediakan lowongan CPNS guru 2019, tenaga medis dan tenaga teknis yang mendominasi kuota yang disediakan.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "CPNS 2019 Diumumkan 25 Oktober, Guru dan Tenaga Medis Dominasi Formasi "

Posting Komentar