Ini Syarat dan Cara Daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial

Kertas Jawa CPNSNews.com ~ Seperti instansi lainnya, ada persyaratan dan cara daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial 2019 yang patut dicermati khususnya buat anda yang berminat. Pada postingan kali ini akan diulas penjelasan mengenai tahapan yang harus dilalui.

Dalam tahun ini terdapat banyak kementerian yang akan membuka lowongan CPNS 2019. Setiap formasi yang tersedia pun cukup beragam. Tak kurang dari 197.117 formasi dibuka tahun ini. Jumlah ini terbagi 159.257 formasi untuk 467 pemerintah daerah dan 37.854 formasi untuk 74 kementerian dan lembaga di pusat. Salah satu instansi yang membuka formasi adalah Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial.

Belajar dari pengalaman rekrutmen CPNS tahun 2018, BKN memaparkan instansi yang menjadi favorit karena besarnya jumlah pelamar. Sebaliknya juga ada lembaga yang paling tidak diminati karena minimnya yang melamar. Nah, Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial termasuk instansi yang minim peminat.

Berdasarkan data dari BKN, jumlah pelamar untuk CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial pada tahun 2018 yang lalu tercatat hanya sebanyak 697 orang. Diperkirakan jumlah untuk CPNS 2019 juga akan sama dengan tahun lalu. Minimnya jumlah pelamar tentunya memberikan peluang lebih besar bagi pelamar untuk bisa menjadi abdi negara.

CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial


Namun, sebelum mendaftarkan diri, penting untuk memahami syarat dan cara daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial. Tujuannya, agar tidak ada kendala saat akan melakukan pendaftaran. Namun, terdapat banyak tahapan yang harus dilalui. Lantas, tahapan apa yang dimaksud?

Syarat CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial


Untuk menjadi bagian dari sekretariat jenderal Komisi Yudisial, terdapat beberapa syarat yang harus dilengkapi. Syarat ini berupa syarat berkas maupun syarat umum yang lumrah dipunyai. Syarat dokumen berupa berkas-berkas yang harus disampaikan dalam tahapan administrasi. Ketidakcocokan berkas, dapat berakibat pada kegagalan di tahapan administrasi.

Baca juga: CPNS Badan Pengawas Tenaga Nuklir Minim Peminat

Sedangkan syarat umum, merupakan syarat-syarat mendasar yang dibutuhkan sebagai pelamar. Di antaranya, syarat yang menyatakan anda warga negara Indonesia yang menaati pancasila. Atau syarat yang menyatakan bahwa pelamar bebas dari penggunaan dan ketergantungan narkotika. Hal ini pelru dipahami, agar tidak terjadi kesalahan dan merugikan pelamar.

Tahapan dalam Pendaftaran CPNS


Setidaknya terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati untuk menjadi bagian dari Komisi Yudisial. Penjelasan setiap tahapan akan disampaikan dibawah ini,

1.Tahap Administrasi

Pertama, langkah yang harus dilengkapi adalah tahapan administrasi. Tahapan ini mengharuskan anda melakukan upload atas setiap dokumen-dokumen dan pesyaratan yang dibutuhkan. Sebelum melakukan upload, lakukan pengecekan kembali pada syarat dan cara daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial, agar tidak ada kesalahan proses setelahnya.

2.Tahap SKD

Setelah dinyatakan lolos dari tahapan administrasi, anda akan menghadapi tahapan berikutnya. Tahapan yang dimaksud adalah tahapan ujian SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar. Dalam tahapan ini, pelamar harus melewati beberapa tes dengan nilai terstandar. Jika mengalami kegagalan, pelamar tidak dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya.

3.Tahap SKB

Selanjutnya, anda harus melalui tahapan SKB. Tahapan ini dikenal dengan Seleksi Kompetensi Bidang. Seleksi ini berisikan pertanyaan-pertanyaan terkait formasi yang dilamar. Untuk sukses dalam tahap ini, disarankan untuk dapat mempelajari peraturan-peraturan terkait formasi maupun instansi yang dituju.

4.Wawancara

Tahapan paling akhir adalah adanya seleksi wawancara. Namun seleksi ini, tergantung dengan formasi yang dilamar. Terdapat formasi yang membutuhkan wawancara namun ada pula yang sebaliknya. Untuk mencari tahu, apakah syarat dan cara daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial dan tahapan tes yang harus dilewati, sebaiknya cek website resmi pendaftaran CPNS.

Untuk dapat melewati setiap tahapan dengan baik, anda harus mempersiapkannya dengan matang. Namun sebelum melewati semua tahapan, sebaiknya perhatikan syarat dan cara daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial. Siapkan seluruhnya, agar dapat mempercepat proses pendaftaran dan persiapan lebih matang.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Ini Syarat dan Cara Daftar CPNS Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial"

Posting Komentar