Kemenpan-RB: Hasil Tes Tahun Lalu Bisa untuk Daftar CPNS 2019

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akhirnya mengeluarkan tanggapan resmi terkait hasil tes CPNS tahun lalu apakah bisa digunakan untuk mendaftar kembali pada CPNS 2019. Pemerintah menyatakan bahwa hal ini bisa dilakukan meskipun tidak mengikat.

"Mereka diberi kesempatan agar bisa menggunakan hasil nilai yang lama dari tes CPNS tahun lalu. Jadi bisa langsung ikut SKB,” kata Sekretaris Kemenpan-RB Dwi Wahyu Atmaji.

Dalam penjelasannya, seperti dikutip dari liputan6.com, Dwi Wahyu Atmaji menyatakan bahwa peserta yang pernah mengikuti seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 dan dinyatakan lolos passing grade namun gagal diterima menjadi PNS bisa menggunakan hasil tes tersebut untuk mendaftar lagi pada CPNS 2019. Jika ini digunakan, maka peserta tersebut tinggal mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu tes SKB (Seleksi Kompetensi Bidang).

Seperti telah dipaparkan pada postingan sebelumnya tentang pertanyaan  yang sempat muncul di akun resmi BKN di twitter yang mempertanyakan kebenaran penggunaan hasil tes CPNS tahun sebelumnya. Pertanyaan ini sempat dikutip banyak media online. Baca selengkapnya: Benarkah Hasil Tes CPNS Tahun Lalu Bisa Dipakai Daftar CPNS 2019?

Seperti diketahui, bagi peserta CPNS yang telah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi harus menjalani beberapa tahapan seleksi lagi. Diantaranya tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB). Dalam setiap tahapan seleksi, peserta harus mendapatkan nilai passing grade atau nilai minimal yang telah ditetapkan panselnas.

hasil tes cpns tahun lalu
Foto-BKN

Menurut Dwi Wahyu Atmaji, para pelamar yang pada seleksi CPNS 2018 lulus PI atau SKD tetapi tidak diterima atau tidak lulus menjadi PNS bisa memanfaatkan hasil nilai yang lama tersebut pada CPNS 2019. Sehingga mereka dapat langsung mengikuti SKB atau seleksi kompetensi bidang.

Meskipun demikian Dwi menyatakan bahwa ketentuan ini tidaklah mengikat. Artinya, tidak masalah jika peserta tidak menginginkan hal ini dan lebih memilih untuk mengulang mengikuti seleksi SKD. “Mereka akan diberi kesempatan untuk mengulang. Nanti yang akan dipergunakan adalah nilai yang lebih baik," tambah Dwi.

Sebanyak 108 Lokasi Disiapkan untuk Tes Seleksi CPNS 2019


Sementara itu Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan bahwa tak kurang dari 108 titik lokasi telah disiapkan untuk pelaksanaan tes CPNS 2019. Lokasi ini tersebar di berbagai tempat di seluruh Indonesia.

Pada penerimaan CPNS tahun 2019, pemerintah akan membuka sebanyak 197.111 formasi. Dari jumlah ini, porsi untuk daerah jauh lebih besar yaitu sebanyak 159.257 formasi. Sedangkan sisanya atau sebanyak 37.854 formasi untuk mengisi lowongan di kementerian dan lembaga di pusat.

Dari formasi yang dibuka tersebut sebagian besar akan diisi untuk tenaga kependidikian, tenaga medis, dan tenaga teknis. Sedangkan formasi tenaga administrasi tidak disediakan untuk CPNS tahun ini karena dianggap sudah terlalu banyak. Apalagi kebutuhan daerah sangat besar untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Untuk mensukseskan pelaksanaan pendaftaran maupun tes seleksi CPNS 2019, BKN juga telah menggandeng instansi pusat dan daerah. Apalagi minat calon pelamar untuk mengikuti rekrutmen ASN 2019 diperkirakan mencapai 5,5 juta orang. Jumlah ini jauh melampaui pada penerimaan CPNS tahun lalu yang hanya diikuti sekitar 3,6 juta orang.

Dalam persiapan ini, menurut Ridwan, juga menyangkut aspek infrastrukturnya. Termasuk sistem pendaftaran daring (secara online) yang terintegrasi melalui portal Sistem Seleksi Calon ASN (SSCASN). Begitu pun dengan fasilitas seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT BKN) juga sudah siap agar bisa digunakan saat pelaksanaan seleksinya yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada November atau Desember 2019 mendatang.

Demikianlah informasi dan tanggapan Kemenpan-RB tentang hasil tes tahun lalu bisa untuk daftar CPNS 2019 yang semoga bermanfaat.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Kemenpan-RB: Hasil Tes Tahun Lalu Bisa untuk Daftar CPNS 2019"

Posting Komentar