Kenali Cara Pendaftaran CPNS Online 2019 dan Siapkan Syaratnya!

Buat anda yang berminat menjadi pegawai negeri, kenali cara pendaftaran CPNS online 2019 agar tidak salah yang dapat berakibat gagalnya cita-cita anda. Meskipun saat ini belum diumumkan secara resmi waktu pendaftarannya sebaiknya siapkan juga persyaratannya agar tidak terburu-baru saat waktunya tiba.

Pemerintah melalui BKN maupun Kementerian PAN-RB telah mengumumkan tentang rencana rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) 2019 yang akan dilaksanakan mulai bulan November mendatang. Tak kurang dari 197.111 lowongan CPNS akan dibuka tahun ini. Jumlah ini terbagi menjadi 159.257 formasi CPNS untuk pemerintah daerah dan 37.854 formasi CPNS untuk kementerian atau lembaga di pusat.

cara daftar cpns 2019


Sedangkan untuk syarat CPNS 2019 maupun hal teknis lainnya menyangkut proses rekrutmen CPNS 2019 akan diumumkan secara resmi pada minggu keempat atau akhir bulan Oktober ini. Informasi ini tentunya sangat ditunggu para pencari kerja khususnya yang mengincar untuk menjadi abdi negara alias ASN.

Cara Pendaftaran CPNS Online 2019


Seperti dinyatakan oleh Badan Kepegawaian Ngara (BKN) selaku panitia seleksi nasional CPNS 2019, pelaksanaan ASN 2019 tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Begitu pun dengan cara daftar CPNS 2019 dilakukan terintegrasi secara online.

Cara pendaftaran CPNS online 2019 nantinya akan dilakukan  melalui website resminya yang beralamat di http://sscn.bkn.go.id. Bukan hanya pendaftaran saja yang dlakukan secara online, namun juga penyerahan persyaratan maupun dokumen lainnya juga dilakukan secara online.

Dengan cara ini, buat anda yang berminat untuk mengikuti proses rekrtumen ASN ini bisa melakukannya dari rumah tanpa perlu ke kantor atau instansi yang ingin dilamar. Semua tahapan ini sangat praktis dan tidak akan membuat anda ribet harus mendatangi kantor tertentu seperti yang dulu pernah dilakukan banyak PNS.

pendaftaran cpns online 2019


Meskipun semua proses dalam penerimaan CPNS 2019 ini dilakkan secara online namun anda perlu melakukannya dengan sangat hati-hati. Sebab dari berkas yang diunggah atau diupload melalui situs tersebutlah yang akan dinilai panitia BKN dalam proses seleksi administrasi. Jika ada dokumen yang salah unggah tentunya akan mempengaruhi penilaian.

Berikut ini tahapan pendaftaran CPNS online 2019 yang sebaiknya anda tahu dan pahami dengan baik jika ingin menjadi pegawai negeri.

  1. Calon peserta yang ingin mendaftarkan diri pada rekrutmen ASN 2019 harus mengakses website resmi yang disediakan BKN dengan alamat http://sscn.bkn.go.id 
  2. Setelah itu calon peserta harus mendaftarkan diri untuk membuat akun portal tersebut. Caranya dengan memasukkan NIK ataupun Nomor KK pada kolom yang tersedia. Isikan juga alamat email anda yang masih aktif beserta password-nya. Setelah itu unggah pas photo dengan ukuran minimal 120 kb dan maksimal ukuran 200 kb. Setelah berhasil mendaftar anda akan memperoleh kartu pendaftaran yang bisa dicetak untuk pegangan. 
  3. Langkah selanjutnya anda perlu login ke portal sscn dengan password dan username yang telah didaftarkan. Setelah login, anda perlu upload foto selfie anda sambil memegang kartu informasi akun dan KTP yang memang merupakan syarat agar bisa melangkah ke tahap selanjutnya.
  4. Tahap selanjutnya anda perlu melengkapi biodata secara lengkap pada kolom yang disediakan sesuai ketentuan dalam halaman pendaftaran CPNS 2019. Pastikan data anda benar agar tidak ada masalah yang mungkin akan timbul di kemudian hari.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih formasi CPNS 2019 yang anda inginkan. Dalam memilih formasi ini BKN menetapkan bahwa setiap pelamar hanya bisa memilih 1 instansi, 1 jabatan dan 1 formasi saja. Jadi pastikan anda sudah yakin dengan pilihan anda. 
  6. Setelah itu anda akan diminta mengunggah berkas persyaratan yang telah disiapkan dalam bentuk soft copy, baik berupa PDF atau foto. Berkas syarat CPNS 2019 yang utama antara lain KTP, Ijazah dan Surat Lamaran. Selain itu setiap instansi yang dipilih juga bisa memberikan syarat tambahan yang mesti anda sertakan juga.
  7. Selanjutnya anda tinggal menunggu proses verifikasi yang akan dilakukan BKN terhadap kelengkapan dan kevalidannya. Jika berkas anda dinyatakan lolos verifikasi, maka anda akan mendapatkan dan harus mencetak kartu peserta tes CAT BKN.
  8. Pengumuman terhadap pelamar yang lolos verifikasi akan dilakukan baik melalui situs SSCN BKN atau media website dari instansi yang dipilih.

Demikian informasi tentang cara pendaftaran CPNS online 2019 yang perlu anda tahu dan semoga bermanfaat ya.

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

1 Response to "Kenali Cara Pendaftaran CPNS Online 2019 dan Siapkan Syaratnya!"