Kenali Fitur Penting pada Tes CAT BKN CPNS 2019

Seleksi pada tes CAT BKN CPNS 2019 merupakan tahapan paling krusial yang mesti dihadapi para peserta penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Jika gagal dalam tes berbasis komputer ini tentunya impian ujntuk menjadi abdi negara akan gagal.

Computer Assisted Test atau CAT BKN merupakan sistem seleksi yang berbasis komputer yangn disiapkan Badan Kepaawan Negara (BKN) dalam rekrutmen ASN. Teknologi ini telah diterapkan sejak proses seleksi CPNS tahun 2018 yang lalu. BKN pun telah merangkul Kemendikbud dan Kemenristek Dikti dalam mempersiapkan materi soal tesnya.

Seperti dikatakan Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan bahwa CAT BKN merupakan sistem yang dibangun untuk mendapatkan tenaga yang bertalenta sesuai yang diharapkan. Dalam proses seleksi CPNS inilah peserta harus mengikuti tes dengan CAT BKN dan nilai hasilnya harus melewati batas passaing grade yang telah ditetapkan.

Mengenal Fitur CAT BKN CPNS 2019 


Buat anda yang baru pertama kali akan mengikuti seleksi penerimaan CPNS 2019 ada baiknya mengenal lebih jauh tentang CAT BKN ini. Software atau aplikasi CAT BKN, secara umum, terdiri dari daftar soal beserta pilihan jawaban, navigasi nomor soal, dan juga indikator waktu.

cat bkn cpns 2019
Foto-BKN

Dibandingkan aplikasi CAT BKN yang mulai digunakan sejak 2017, CAT BKN saatini telah banyak berubah baik dalam hal fitur maupun tingkat keamanan. Untuk daftar soal atau pertanyaan tes letaknya ada di sebelah kanan layar komputer.  Sedangkan navigasi nomor soal ada sisi kiri layar.

Untuk fitur keamanan yang digunakan diantaranya adalah PIN register dan PIN sesi. PIN register ini bisa didapatkan peserta saat melakukan check in atau daftar ulang. Dan ini dilakukan sebelum peserta memasuki ruang tes. Fungsi PIN register adalah untuk memastikan bahwa peserta tes yang datang dan mengikuti tes adalah peserta yang benar-benar terdaftar sesuai data yang ada saat pendaftaran sebelumnya.

Sedangkan PIN sesi adalah kode yang wajib dimasukkan peserta saat akan mengakses atau log in ke dalam aplikasi CAT. PIN sesi adalah kode unik yang diperoleh setiap peserta agar bisa login ke dalam aplikasi CAT. PIN sesi ini akan selalu berubah pada setiap sesi. Hal ini ternyata untuk menekan potensi penyalahgunaan yang mungkin akan dilakukan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab seperti adanya joki tes.

Cara Mengerjakan Tes dengan CAT BKN CPNS 2019 


Ada sejumlah menu yang ditampilkan pada layar komputer CAT BKN. Anda perlu mmperhatikan pada bagian atas layar komputer yang terdapat beberapa menu yang penting. Diantaranya ada menu nomor peserta, nama peserta, jumlah soal, jumlah soal yang telah dijawab, jumlah soal yang belum dijawab, waktu yang tersisa, dan batas waktu yang tersedia dalam pengerjaan soal.

Dalam menjawab atau mengerjakan soal tes dengan CAT BKN pada tes CPNS 2019 peserta melakukannya dengan menggerakkan kursor lalu menekan “klik” pada jawaban yang dianggap benar dari pilihan yang ada. Pilihan jawaban ada lima, dari A, B, C, D, atau E.

Setelah menjawab pertanyaan, peserta lalu menekan menu “simpan dan lanjutkan”. Jika peserta telah memilih dan meng-klik jawaban namun tidak menekan menu “simpan dan lanjutkan” maka jawaban peserta tidak akan tersimpan.

Meskipun ini merupakan hal yang sangat teknis, namun informasi ini wajib diperhatikan dengan baik oleh peserta agar hasil tes jangan sampai tidak terekam oleh sistem. Jika ini yang terjadi maka peserta tidak akan mendapatkan skor atau nilai.

Demikianlah beberapa fitur penting pada tes CAT BKN CPNS 2019 yang sebaiknya dikenali agar tidak melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal-soal yang ada.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Kenali Fitur Penting pada Tes CAT BKN CPNS 2019"

Posting Komentar