Peserta CPNS 2019 Punya Hak Sanggah Jika Gagal Seleksi Administrasi

Peserta CPNS 2019 ternyata memiliki hak sanggah jika dianggap gagal dal;am tahapan seleksi administrasi. Hal ini terbilang istimewa karena belum pernah diterapkan pada proses rekrutmen ASN pada tahun-tahun sebelumnya.

Tahap seleksi adminstrasi ini merupakan seleksi awal yang dilakukan BKN sebagai panselnas CPNS 2019 untuk mengecek dokumen dan persyaratan yang diajukan peserta. Dokumen ini tidak saja menyangkut kelengkapan standar seperti KTP atau kartu keluarga namun juga dokumen penunjang lainnya seperti ijasah dan tanskrip nilai dan kesesuaiannya dengan formasi yang dipilih.

Menurut Bima Haria Wibisana selaku Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), peserta seleksi CPNS 2019 diberikan kesempatan melakukan sanggahan atau protes jika dinyatakan tidak lulus dalam tahapan administrasi ini.

"Ini berbeda dan belum pernah dilakukan sebelumnya. Peserta yang tidak lulus atau dianggap tidak memenuhi syarat dalam tahapan seleksi administrasi punya waktu untuk melakukan protes dan menyanggah," tandasnya dalam keterangan persnya.

3 Hari Waktu Sanggah dan Mekanismenya


Penerimaan CPNS 2019 yang telah diumumkan pemerintah rencananya akan mulai menerima pendaftaran pada tanggal 11 hingga 24 November 2019. Saat proses pendaftaran CPNS 2019 ini peserta harus mengisi seluruh data yang diminta serta mengupload semua dokumen yang dibutuhkan.

hak sanggah cpns 2019


Setelah proses pendaftaran ini BKN bersama seluruh instansi yang terlibat kemudian akan melakukan seleksi administrasi peserta. Nah, hasil seleksi administrasi ini akan diumumkan oleh pemerintah pada tanggal 16 Desember 2019. Pengumuman akan dilakukan di portal resmi BKN di sscn.bkn.go.id maupun di website resmi instansi yang bersangkutan.

Peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya. Diantaranya tes seleksi kompetensi dasar (SKD) yang akan dilaksanakan awal Februari 2020 dan tes seleksi kompetensi bidang (SKB) yang akan dilaksanakan pada bulan April 2020.

Sedangkan bagi peserta yang dinyatakan gagal atau tidak lulus diberi kesempatan dan hak untuk mengajukan protes atau sanggahan. Waktu sanggah atau mengajukan protes adalah selama tiga hari, yaitu mulai tanggal 16 hingga 19 Desember 2019.

Menurut keterangan Bima, hak untuk melakukan sanggahan atau protes diberlakukan guna meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam proses penerimaan CPNS. Hak ini kabarnya akan diberlakukan untuk proses seleksi CPNS pada tahun-tahun berikutnya.

"Hak sanggah dalam CPNS ini sama persis dengan masa sanggah dan komplen yang dilakukan dalam proses pengadaan barang dan jasa," katanya. Tahapan ini diakuinya berbeda dengan tahapan seleksi CPNS sebelumnya.

Sedangkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo juga meminta kepada peserta seleksi CPNS 2019 yang akan melakukan protes atau sanggahan agar menyiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang diajukan untuk melakukan sanggahan juga harus bisa dipertanggungjawabkan.

Panitia seleksi CPNS, menurut Tjahjo Kumolo, akan menolak sanggahan atau protes yang dilakukan tanpa adanya dukungan dokumen yang valid dan standar. "Ya kalau pertanyaannya kenapa saya kok enggak lulus, kenapa kok ini, ya kan enggak bisa begitu. Semua ada standarnya dan harus bisa dipertanggungjawabkan," tandas mantan Menteri Dalam Negeri ini.

Nah, dari sanggahan atau protes yang diajukan peserta rekrutmen ASN 2019 ini kemudian akan ditindaklanjuti oleh BKN bersama instansi yang bersangkutan. Instansi yang diprotes juga akan diberikan waktu maksimal atau paling lama tujuh hari dari tanggal 19 hingga 26 Desember 2019 untuk memberikan keterangan dan menjawab sanggahan tersebut. Nah, hasil sanggahan ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 26 Desember 2019.

Hasil sanggahan atau keberatan dari peserta ini bisa dikabulkan dan juga bisa tidak dikabulkan. Jika dinyatakan lulus, maka peserta bisa melanjutkan untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya

Jadi, buat anda yang nantinya ingin mengikuti menjadi peserta CPNS 2019 anda akan memiliki hak sanggah atau protes jika gagal seleksi administrasi. Ini tentunya merupakan kesempatan yang baik bagi semua pihak.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Peserta CPNS 2019 Punya Hak Sanggah Jika Gagal Seleksi Administrasi"

Posting Komentar