[SIARAN PERS] Resmi BKN dan Menpan, Begini Cara Melihat Formasi CPNS 11 November 2019

CPNSNews.com ~ Akhirnya yang telah lama dinantikan tiba, hari ini 28 Oktober 2019 melalu surat resmi Menpan Nomor: 088/RILIS/BKN/X/2019 (Siaran Pers BKN) Menpan Resmi umumkan bahwa pembukaan CPNS 2019 dimulai.

Apa saja informasi penting terkait pengumuman tersebut dan bagaimana cara melihat formasi CPNS 2019, berikut kami coba memberikan ulasannya.

[SIARAN PERS] Resmi BKN dan Menpan, 
Begini Cara Melihat Formasi CPNS 11 November 2019


Di dalam Surat Resminya Menpan merilis bahwa "Penerimaan CPNS Tahun 2019 Diumumkan Tanpa Formasi Administrasi", apa maksudnya?

Menpan menjelaskan bahwa :

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 telah ditandatangani dan diumumkan oleh Menteri PAN RB melalui pengumuman nomor B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, pada Senin (28/10/2019). 
Sudah ditanda tangani oleh Menpan, artinya penerimaan CPNS resmi dilaksanakan, lalu kapan jadwal pelaksanaannya? 

Pengumuman tersebut akan diikuti oleh pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019 mendatang. Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi. Dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempubikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Ingat ya tanggal 11 November 2019, kemudian ada beberapa dokumen yang diperlukan yaitu :
  1. Scan KTP asli,
  2. Foto
  3. Swafoto
  4. Ijazah
  5. Transkip Nilai
Ada 5 berkas/dokumen wajib yang perlu disiapkan dan semuanya diunggah pada saat pendaftaran online CPNS 2019, lalu bagaimana langkah pendaftarannya?

Pendaftaran nanti baru dibuka tanggal 11 November 2019, langkah pertama adalah dengan buat akun SSCN BKN, atau bisa cek penjelasannya di Petunjuk Lengkap Pendaftaran CPNS 2019.

Selain itu BKN juga menyediakan beberapa kanal yang diperlukan oleh calon pelamar yaitu :
  1. Frequently Asked Question (FAQ), Kanal tanya jawab berkaitan dengan masalah yang sering terjadi dalam proses pendaftaran online CPNS 2019.
  2. Helpdesk daring, kontak bantuan yang dibuka secara online dengan beberapa tahapan yang nantinya akan langsung masuk ke petugas helpdesk BKN CPNS 2019.
  3. Helpdesk luring, bisa langsung secara offline bertemu dengan petugas BKN, mulai tanggal 11 November 2019 BKN membuka layanan helpdesk luring (offline) di Kantor Pusat BKN, Jalan Mayjend Sutoyo No.  12  Jakarta  Timur  dan  Kantor  Regional  BKN  yang  akan  memberikan solusi  jika  kendala  pelamar  tidak  terselesaikan  melalui  penjelasan FAQ dan helpdesk daring.
Selanjutnya berapa jumlah formasi yang dibuka dalam seleksi CPNS 2019 kali ini?

Pada tahun 2019 ini, Pemerintah akan membuka 152.286 formasi dengan rincian, Instansi Pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 Pemerintah Daerah. Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus. 

Tidak hanya formasi umum, ada juga formasi khusus, ayo bersiap semuanya untuk mendapatkan peluang berharga meraih mimpi menjadi PNS tahun ini.

Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan  disabilitas pada Instansi Pusat dan Daerah, serta formasi khusus putra-  putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada  Instansi Pusat. Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya. 

Ada 3 besar formasi yang dibuka :

  1. CPNS Guru (63.324 formasi), 
  2. CPNS tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan 
  3. CPNS teknis fungsional (23.660 formasi). 

Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi.

Perlu diketahui pula bahwa pada pelaksanaan seleksi CPNS  2019, bagi pelamar yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) seleksi administrasi diberikan waktu sanggah maksimal 3 (tiga) hari pascapengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal 7 (tujuh) hari untuk menjawab sanggahan tersebut. Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar  diimbau  untuk  mempersiapkan  dokumen-dokumen dengan baik  dan  hanya  mengunggah  dokumen  yang  sesuai  dengan persyaratan.



Nah silahkan dipelajari lebih lanjut mengenai Pengumuman tersebut, dan ingat ya pendaftaran online mulai tanggal 11 November 2019.

Lalu bagaimana Cara Melihat Formasi CPNS 2019?

Rilis formasi belum dilakukan secara online, nanti akan dirilis berbarengan dengan bukaan pendaftaran CPNS pada 11 November mendatang pada web yang sama yaitu SSCASN.bkn.go.id

Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk cek formasi tersebut yakni dengan cara sebagai berikut.
  1. Buka situs SSCASN BKN CPNS 2019
  2. Cari menu lowongan, yakni di sebelah kiri atas.
  3. Klik dan tunggu masuk ke laman lowongan secara sempurna.
  4. Masukkan instansi maupun formasi apa yang harus dicari dalam kolom pencarian lowongan formasi CPNS 2019.

Penjelasan lebih lanjut bisa Cara Cek Formasi Cara Daftar CPNS 2019.

Download [SIARAN PERS] BKN Tanggal 28 Oktober 2019, "Penerimaan CPNS Tahun 2019 Diumumkan Tanpa Formasi Administrasi" berikut.

Versi Dokumen : http://apps.cpnsnews.com/www.cpnsnews.com-Penerimaan-CPNS-Tahun-2019-Diumumkan-Tanpa-Formasi-Administrasi.docx

Versi PDF : http://apps.cpnsnews.com/www.cpnsnews.com-Penerimaan-CPNS-Tahun-2019-Diumumkan-Tanpa-Formasi-Administrasi.pdf

Demikianlah informasi mengenai [SIARAN PERS] Resmi BKN dan Menpan, Begini Cara Melihat Formasi CPNS 11 November 2019, semoga bermanfaat. 
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "[SIARAN PERS] Resmi BKN dan Menpan, Begini Cara Melihat Formasi CPNS 11 November 2019"

Posting Komentar