Hati-hati, Soal Tes CPNS Berikut yang Tersulit Menurut Karo HUMAS BKN

CPNSNews.com ~ Senang rasanya jadwal CPNS akan segera rilis karena setelah penantian panjang akhirnya kesempatan untuk bersaing ikut tes CPNS akan segera terwujud.

Sudah sampai manakah persiapannya?

Sayang sekali bila belum ada persiapan sama sekali karena ditempat lain pesaing kita tengah mati-matian belajar untuk bisa lulus tes CPNS.

Sebenarnya lulus CPNS tidak ditentukan dari berapa banyak soal yang dipelajari sebab dari tahun ke tahun soal tes yang diujikan sulit diprediksi dan tingkatan kesulitannya pun semakin tinggi sejalan dengan tingginya kompetensi yang diinginkan oleh pemerintah saat ini.

Tapi persiapan yang baik akan membuat kita terlatih dan ini sangat berguna pada saat tes berlangsung, bayangkan saja 100 soal harus diselesaikan dalam waktu 120 menit dengan tingkat yang sulit.

Belum lagi bila dalam pertanyaan terdapat teks bacaan yang untuk membacanya saja butuh waktu hingga 1 menit ditambah ada beberapa soal hitungan matematika dan lainnya, tentu waktu 120 menit menjadi waktu yang sangat singkat.

Kenali Kegagalan Tahun Lalu sebelum tes CPNS 2019/2020

TKP (Tes karakteristik pribadi) adalah satu bagian dari 2 kategori lainnya di 100 soal tes yang harus dikerjakan pada saat tes CPNS berlangsung. Tes ini berisi soal untuk mengukur kepribadian calon PNS apakah sudah memenuhi kriteria sebagai pribadi PNS yang berkompeten dan profesional.

Di akhir tulisan ada bonus download soal TKP CPNS, sample soal untuk sekedar dipelajari.



Tes CPNS tahun lalu banyak peserta gugur di katagori ini, dan pada kenyataan soalnya memang sulit dan membingungkan.

Hati-hati, Soal Tes CPNS Berikut yang Tersulit Menurut Karo HUMAS BKN

"Yang jadi momok 2 tahun terakhir ini adalah TKP, Tes Karakteristik Pribadi. Terlihat sulit karena rata-rata passing grade-nya nggak sampai di situ," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, Jakarta, Kamis (4/7/2019).

Kenapa banyak yang gagal di tes TKP ini? Dalam penilaiannya tes TKP tidak ada soal yang salah, karenanya semua jawabannya memiliki skor yang berbeda, misalnya pilihan A - E maka jawaban yang paling tepat akan mendapat skor 5 poin sedangkan yang terakhir benar nilainya 1.

Gunakan Mindset PNS untuk menjawab Soal TKP

Strategi terbaiknya adalah dengan menggunakan mindset PNS dalam menjawab soal TKP, lalu PNS bagaimana yang dimaksud tersebut?

Kebijakannya saat ini adalah PNS dituntut untuk kerja melayani masyarakat, kemudian nantinya gaji PNS berbeda satu sama lain karena setiap kinerjanya akan dihargai dengan tunjangan yang berbeda, umumnya dikenal dengan istilah Tunjangan Kinerja. Nah sudah siapkah kita untuk menerima tantangan itu?

Salah satu contoh soal TKP yang banyak membuat peserta tes gagal salah satunya adalahlah sebagai berikut.

Misalnya ada pertanyaan dengan pilihan jawaban, A. mengerjakan tugas dan fungsi dengan baik, B. membantu tetangga yang sedang kesusahan, C. membantu persiapan Maulid Nabi di kampung. Mana yang harus dipilih?

Karo HUMAS BKN menjelaskan, untuk menjawab pertanyaan tersebut calon pelamar sudah harus memposisikan diri sebagai PNS. Dengan begitu mereka bisa menjawab dengan bijak sesuai tugas dan fungsinya (tusi).

"Yang mana pilihannya? yang A, karena mindset-nya sudah PNS," jelasnya.

"Kalau pak Kepala BKN sering memberikan ancer-ancer ketika mengerjakan soal TKP mindset kita adalah mindset harus sudah jadi PNS. Itu kalau sudah, itu harusnya lebih mudah," lanjutnya.

Ridwan menerangkan, masing-masing jawaban memang sama baiknya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah sebagian PNS harus tahu mana hal yang harus diprioritaskan. Itu lah kuncinya untuk menjawab soal TKP dengan tepat.

"Jadi teman-teman sekarang, milenial itu ingin jadi hero tapi tidak pada tempatnya karena hero juga harus ada prioritas. PNS harus kerjain tusi kita, jauh lebih prioritas dari yang lain-lain. Itu mindset yang seperti itu yang harus disiapkan," tambahnya.




Lalu apalagi yang banyak membuat peserta gagal lulus?


Ialah waktu. Jika ada istilah "Biarlah waktu yang menyelesaikan masalah" maka untuk kali ini istilah itu berubah menjadi "Membiarkan waktu akan menjadi masalah".

Ya banyak keluhan tentang waktu tes yang diberikan, tidak seimbang dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Bayangkan saja kita harus menjawab soal-soal sulit dan soal-soal dengan soal yang panjang dan membingungkan hanya dengan waktu 1 - 1,5 menit saja.

Disinilah keterampilan menjawab soal diuji, barang siapa yang kerap berlatih mengerjakan soal niscaya ia akan menjawab dengan lancar dan waktunya cukup, begitupun sebaliknya.

Terakhir : Kisi-kisi soal tes CPNS 2019/2020

Pelamar akan mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Nah, apa saja ya kisi-kisinya?

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Mohammad Ridwan menyatakan bahwa tes SKD CPNS 2019 tidak akan jauh berbeda seperti di tahun sebelumnya.

Dia menyatakan 80% kemungkinan tes akan sama modelnya. Mulai dari Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Materinya nggak beda ya seperti TIU, TWK, TKP itu kisi-kisinya ada pas pengumuman Pak MenPAN-RB nanti. Kira-kira sih 80% nggak akan beda ya sama saja," terang Ridwan kepada detikcom, Sabtu (19/10/2019).

Selain itu, menurut Ridwan, akan ada soal tentang pencegahan radikalisme akan muncul dalam tes tahun ini. Soal ini tidak muncul dalam tes tahun lalu.

"Mungkin nanti soal radikalisme masuk di sana, tahun lalu kan belum ada. Karena ini perlu, karena kan beberapa teman kami PNS ada yang terpapar radikalisme, mungkin itu bisa masuk," kata Ridwan.

Dia juga mengingatkan bahwa tes TKP sempat bikin pusing para peserta seleksi CPNS di 2018. Oleh sebab itu Pendaftar diminta betul-betul mempersiapkan diri untuk soal tersebut.

"Mungkin juga harus diperhatikan, pada tahun 2018 itu TKP soal karakteristik pribadi banyak yang bermasalah. Mungkin itu yang mesti dipersiapkan sebaik-baiknya, dua tes ini sangat tricky," kata Ridwan.

Sebagai informasi, Tes Intelegensia Umum (TIU) diujikan untuk mengukur seberapa cakap CPNS dalam logika, verbal, figural dan analisis, memecahkan masalah dengan inovasi baru.

Kemudian, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dalam SKD akan menguji pemahaman akan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, nasionalisme, hingga bahasa Indonesia.

Selanjutnya, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) berisi tentang sosial budaya, pelayanan publik, kreativitas dan inovasi, profesionalisme, jejaring kerja.

BONUS : Download Soal Hots CPNS 2019/2020
Lebih banyak soal cek disini.

Semoga tes tahun ini bisa lulus ya, terima kasih dan semoga bermanfaat.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Hati-hati, Soal Tes CPNS Berikut yang Tersulit Menurut Karo HUMAS BKN"

Posting Komentar