Sscn.bkn.go.id 2019 Pengumuman Batal hingga Nasib Honorer di Pendaftaran CPNS

CPNSNews.com ~ Sebelumnya Menpan (syafruddin) di akhir masa jabatannya menyatakan bahwa pengumuman CPNS 2019 akan dirilis pada 25 Oktober 2019 yakni penerimaan CPNS bagi pelamar umum dengan mayoritas guru dan tenaga kesehatan.

Sscn.bkn.go.id 2019 Pengumuman Batal hingga Nasib Honorer di Pendaftaran CPNS

Hal ini agak berbeda dengan rencana di awal tahun lalu bahwa tes CPNS 2019 tidak hanya dibuka untuk jalur CPNS pelamar umum namun juga bagi Tenaga Honorer melalui jalur PPPK, tampaknya PPPK belum dilaksanakan, lalu bagaimana nasib honorer di pendaftaran CPNS 2019?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai nasib honorer, ada update terbaru tentang bukaan CPNS yang seharusnya dirilis hari ini tanggal 25 Oktober 2019 ternyata belum juga muncul.


Pendaftaran CPNS Belum Jadi Hari ini, situs sscn.bkn.go.id 2019 belum juga aktif

Pengumuman seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tak jadi dilakukan pada hari ini, Jumat 25 Oktober 2019.

"Sepertinya belum (dibuka)," ungkap Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik (Karo Hukip) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Andi Rahadian saat ditanyai Liputan6.com, Jumat (25/10/2019).

Saat ditanya lebih lanjut mengenai kapan kepastian pengumuman CPNS, beliau belum bisa mengkonfirmasi saat ini karena harus menunggu instruksi dari Menteri PAN-RB yang baru.

"Waktu pengumuman masih akan dikonfirmasi lagi ya," tukas Andi.

Adapun rencana bukaan CPNS tanggal 25 Oktober disampaikan oleh Menpan sebelumnya, saat itu belum ada pergantian Menteri, dan pada saat ini Menpan baru belum memberikan keputusan.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmaja sebelumnya mengatakan, pihaknya perlu berkoordinasi terlebih dahulu dengan Tjahjo Kumolo selaku Menteri PANRB baru.

"Tentunya bahwa kami akan melaporkan terlebih dahulu kepada pak Tjahjo. Sekarang hari ini kan baru saja sertijab dilakukan. Barangkali nanti ketika pak Tjahjo atau Menteri PANRB yang baru ini ada waktu untuk kami laporkan, kami akan melaporkan terlebih dahulu," ujar dia kepada Liputan6.com di Gedung Kementerian PANRB, Rabu (23/10/2019).

Dia pun memperkirakan, pengumuman CPNS tetap dapat dilakukan pada akhir bulan ini. Namun, ia belum bisa menginformasikan kapan waktu pastinya. Setiawan mengabarkan, tanggal pastinya nanti akan diumumkan oleh Tjahjo Kumolo selaku menteri baru.

"Kalau kami tetap mempertahankan di akhir Oktober ini. Tepatnya nanti dengan pak Tjahjo dulu (dirundingkan)," ungkap Setiawan.


Bila pelaksanaan pengumuman CPNS Sscn.bkn.go.id Oktober 2019 ini maka tinggal tersisa kurang lebih 6 hari lagi, untuk itu ayo simak terus perkembangan informasi CPNS jangan sampai ketinggalan update ya.

"Kalau seumpamanya arahan dari pak menteri baru (Tjahjo Kumolo) tanggal sekian, ya kita akan kabarkan lagi," dia menandaskan.

Cara mencari informasi yang paling update adalah dengan memantau situs web maupun bisa pantau twitternya BKN kemudian bisa juga dengan mengakses kabar dari CPNSNews.com

Lalu apa saja prioritas dalam CPNS kali ini dan bagaimana wacana penerimaan CPNS 2020 mendatang.

"Untuk guru dan tenaga kesehatan kita masih butuh. Masih belum cukup (di CPNS 2019). Kita 2020 harus rencanakan lagi," tukas dia.

Nasib Honorer di Pendaftaran CPNS 2019

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ( Menko PMK) Muhadjir Effendy akan mengusahakan jatah guru honorer bakal terus ada dalam penerimaan PNS/ PPPK, meski jumlah tenaga honorer yang lolos jadi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) tahun 2018-2019 masih di bawah kuota yang disediakan.

“Memang kuota yang kita usulkan ke Kementerian PANRB ternyata enggak bisa dipenuhi oleh guru honorer," kata Muhadjir Effendy seperti dikutip dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Kamis (24/10/2019).

Muhadjir mengatakan, ada beberapa alasan mengapa jumlah tenaga honorer masih jauh dari kuota yang disediakan.

Beberapa alasan yang disampaikan Menko Muhadjir antara lain ada beberapa daerah tidak mau mengusulkan dan tidak semuanya lulus bagi yang ikut tes.

"Yang ikut tes tidak semuanya lulus, karena harus ikut tes. Kita sebetulnya sudah ada kuotanya, 156.000,” kata Muhadjir. Untuk itu, Muhadjir berjanji akan mengusahakan agar kuota guru honorer dalam penerimaan PNS maupun masuk PPPK terus ada. Kita usahakan terus. Tahun ini ada 156.000 kuota,” ucapnya.

Ada 5 Formasi yang akan dibuka dalam tes CPNS 2019

Kelima formasi itu adalah guru, dosen, pegawai kesehatan, pegawai fungsional, dan pegawai teknis lainnya.

Pembagian kursi untuk 5 formasi itu secara rinci sebagai berikut:
  1. Guru: 63.324 formasi
  2. Dosen: 2.194 formasi
  3. Pegawai kesehatan: 31.756 formasi
  4. Pegawai fungsional: 28.767 formasi
  5. Pegawai teknis lainnya: 2.194 formasi.

"Sedang berlangsung bimbingan teknis untuk pengisian (data) sejak Selasa yang lalu. Mestinya mereka (instansi) bisa mulai mencicil pekerjaan setting formasi," ujar dia.

Setelah pengumuman pengadaan CPNS, proses akan dilanjutkan dengan pembukaan registrasi secara daring (online) pada November 2019.

Hasil seleksi administrasi pelamar dijadwalkan berlangsung pada Desember 2019.

Sesuai jadwal, pada Januari 2020, akan dilakukan pengumuman jadwal dan peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Sementara, pelaksanaan SKD dijadwalkan berlangsung Februari 2020.

Hasil SKD tersebut rencananya diumumkan pada Maret 2020, diikuti dengan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Integrasi hasil seleksi SKD dan SKB dijadwalkan akan berlangsung pada April 2020.

Sebelumnya, Ridwan menjelaskan, pengumuman penerimaan resmi akan dipublikasikan di website dan media sosial instansi penerima formasi dan portal SSCASN.

Rekrutmen CPNS 2019 juga akan dilakukan melalui portal SSCASN, sscasn.bkn.go.id.

"Sebelum pengumuman pendaftaran daring dibuka secara resmi pada bulan November, portal SSCASN belum dapat diakses," ujar dia.

Berikut alur pendaftaran dalam portal SSCASN, sebagai bekal Anda saat melakukan pendaftaran:
  1. Buka portal SSCASN, https://sscasn.bkn.go.id. (portal ini baru bisa diakses setelah pengumuman pembukaan pendaftaran CPNS 2019)
  2. Buat akun SSCN 2019 menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga
  3. Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.
  4. Setelah itu, unggah foto diri memegang KTP dan Kartu Informasi Akun Lengkapi biodata dengan benar
  5. Pilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan
  6. Lengkapi data, kemudian unggah dokumen
  7. Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019
  8. Setelah itu, data pendaftar akan diverifikasi
Jika dinyatakan lolos, otomatis pendaftar mendapatkan jadwal tes seleksi.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

1 Response to "Sscn.bkn.go.id 2019 Pengumuman Batal hingga Nasib Honorer di Pendaftaran CPNS"