Yuk Mengenal Cara Penilaian Test CPNS 2019

Tahukah anda bagaimana sih cara penilaian test CPNS 2019? Apakah ada perbedaan antara tes CPNS tahun ini dengan pelaksanaan tahun lalu?

Buat anda yang ingin menjadi abdi negara dan tertarik untuk mengadu nasih dalam perburuan pada penerimaan CPNS tahun 2019, sebaiknya mempersiapkan diri sebaik mungkin. Diperkirakan jumlah pencari kerja yang akan melamar rekrutmen ASN 2019 kali ini akan meningkat menjadi 5,5 juta orang dibandingkan tahun lalu yang hanya diikuti 3,6 juta orang.

Proses seleksi ujian tulis pada rekrutmen ASN 2019 ini akan menggunakan perangkat Computer Assisted Test (CAT) miliki Badan Kepegawaian Negara (BKN). Perangkat ini juga telah digunakan pada seleksi CPNS 2018 yang lalu. Yang menarik, dengan teknologi ini maka hasil tes akan bisa langsung diketahui sesaat setelah peserta menyelesaikan semua tugasnya.

cara penilaian test cpns 2019
Foto-BKN

Seperti dikatakan Kepala Biro Humas BKN, Mohamad Ridwan bahwa ada beberapa tahapan seleksi yang mesti dilalui peserta. Setelah lolos seleksi administrasi, maka peserta harus mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dan dilanjutkan dengan tes seleksi kompetensi bidang (SKB).

“Materi test CPNS 2019 menggunakan platform UNBK (ujian nasional berbasis komputer)," katanya. Platform inilah yang kemudian diadopsi menjadi Computer Assisted Test (CAT BKN). Pemanfaatan CAT BKN, kata dia, sangat berguna untuk menjamin dan meningkatkan standar kompetensi CPNS.

Sistem Penilaian Tes CAT CPNS


BKN pun telah menetapkan standar nilai yang disebut passing grade. Agar peserta bisa dinyatakan lolos setidaknya nilai yang diperoleh dalam tes CAT BKN harus melewati nilai passing grade yang telah ditentukan. Namun jika jumlah peserta yang melewati nilai passing grade melebihi jumlah kuota yang ada, menurut Ridwan, maka penentuannya berdasarkan nilai tertinggi.

Selain masih menggunakan teknologi CAT BKN, mekanisme dan pelaksanaan ujian tertulis pada tes CPNS 2019 tidak jauh berbeda dibandingkan pelaksanaan tahun sebelumnya. Termasuk menyangkut cara dan standar yang digunakan dalam penilaian hasil test CPNS 2019.

Baca juga: Benarkah Materi Tes CPNS 2019 Lebih Sulit? Yuk Intip Bocorannya!

Menurut penuturan Ridwan, materi soal tes seleksi kemampuan dasar atau SKD terdiri dari 100 soal yang harus dijawab dan diselesaikan peserta dalam jangka waktu tertentu dengan menggunakan CAT BKN.

Penilaian dalam soal SKD dilakukan berdasarkan tiga kelompok yang terdiri dari:

  • 35 soal TKP : Skala penilaian dari 5-1 dan tidak ada nilai 0.
  • 35 soal TIU : Nilainya 5 jika benar dan 0 jika salah.
  • 30 soal TWK : Nilainya 5 jika benar dan 0 jika salah.

Sedangkan menyangkut cara penilaian tes CPNS 2019 dilaksanakan dengan cara sebagai berikut:

Karena tidak ada pengurangan nilai dalam ujian CPNS ini, maka bila semua soal bisa diselesaikan dan dijawab dengan benar, nilai yang akan didapatkan seorang peserta adalah:

  • Nilai maksimal adalah 500.
  • Nilai minimum adalah 35. 

Sedangkan untuk nilai ambang batas atau nilai passing grade SKD dalam  seleksi CPNS 2019 dengan berdasarkan Peraturan Menteri (Permen) PAN-RB No.35 Tahun 2013 adalah sbb:

  • 60% dari nilai maksimal TKP 175 adalah 105
  • 50% dari nilai maksimal TIU 175 adalah 75
  • 40% dari nilai maksimal TWK 150 adalah 70

Dari setiap tahapan tes, baik SKD maupun SKB inilah nantinya akan diperoleh nilai gabungan keduanya. Peserta yang berhak untuk lolos adalah yang bisa melewati atau di atas nilai passing grade yang telah ditetapkan.

Bagaimana jika peserta yang lolos passing grade jumlahnya lebih banyak daripada kuota formasi yang tersedia?

Menurtu Ridwan, penilaian akhir untuk menentukan peserta yang berhak lolos dalam tes CPNS 2019 adalah yang memiliki nilai tertinggi. Dengan mengetahui dan memahami materi dan bobot soal tes maupun cara penilaian tes CPNS 2019 diharapkan kita bisa lebih mempersiapkan diri dengan lebih baik agar bisa lolos dan bisa menjadi abdi negara.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Yuk Mengenal Cara Penilaian Test CPNS 2019"

Posting Komentar