Ingin Daftar CPNS 2019? Perhatikan Syarat Dokumen Penting Ini!

Tak sedikit masyarakat yang ingin mendaftar CPNS 2019 merasa kebingungan dengan sejumlah dokumen yang disyaratkan. Kebingungan ini teruangkap dari banyaknya pertanyaan masyarakat yang masuk ke Badan Kepegawaian Negara (BKN), baik melalui laman maupun di akun medsos resminya.

Seperti disampaikan Kepala BKN Bima Haria Wibisana bahwa hingga saat ini sudah ada puluhan pertanyaan yang diajukan masyarakat ke BKN menjelang pembukaan pendaftaran yang akan dimulai 11 November yang akan datang.

Dari pertanyaan yang paling banyak diajukan, menurut Bima, terutama tentang penggunaan KTP sementara atau surat keterangan kartu tanda penduduk (KTP), surat keterangan lulus (SKL), surat tanda regritasi (STR) bagi tenaga kesehatan, ataupun tentang masalah akreditasi perguruan tinggi dan program studi, hingga tentang ijazah bagi lulusan luar negeri.

Daftar CPNS 2019


Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019 yang telah diumumkan pemerintah memang mendapat sambutan masyarakat, khususnya yang ingin menjadi abdi negara. Seperti pada rekrutmen CPNS tahun-tahun sebelumnya, ada sejumlah dokumen yang menjadi syarat agar bisa mendaftar dan mengikuti seleksi ASN tersebut.

Menurut ketentuan yang disampaikan Kementerian PAN-RB, ada sejumlah syarat dokumen yang dibutuhkan agar bisa mendaftar dalam seleksi CPNS tahun ini. Dokumen yang dibutuhkan itu antara lain:

  1. Kartu Keluarga (C1) asli
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  3. Ijazah (yang telah dilegalisir)
  4. Transkrip Nilai (yang telah dilegalisir)
  5. Pas foto
  6. Dokumen lain sesuai yang ditentukan oleh setiap instansi yang akan dilamar, termasuk SKCK.

Jawaban BKN tentang Syarat Dokumen CPNS 2019


Menjawab berbagai pertanyaan dari masyarakat tentang syarat dokumen CPNS 2019, berikut ini jawaban BKN yang dikutipkan dari rilis yang disampaikan kepada publik.

Bagi masyarakat yang ingin melamar dan mendaftar CPNS 2019 namun belum memiliki e-KTP asli diperbolehkan menggunakan KTP sementara yang ada. "Ya, calon pelamar yang belum memiliki KTP asli diperbolehkan melampirkan KTP sementara atau surat keterangan (suket) dari kelurahan setempat," kata Bima dalam rilisnya.

Untuk pelamar yang memilih formasi jabatan tenaga kesehatan wajib menyertakan atau melampirkan surat tanda regritasi (STR) dan bukan internship. STR ini juga harus masih berlaku saat pendaftaran. Namun persyaratan tentang STR tersebut dikecualikan untuk beberapa kualifikasi pendidikan, seperti S-1/D-IV Biologi/Profesi Dokter Hewan untuk jabatan Entomolog Kesehatan Ahli, S-1 Biologi/Kimia/Teknik Kimia pada jabatan Pranata Laboratorium Kesehatan Ahli, D-III Entomologi/Biologi/Kesehatan Hewan pada jabatan Entomolog Kesehatan Terampil, dan S-1 Teknik Lingkungan pada jabatan Sanitarian Ahli.

Tentang penggunaan SKL, menurut BKN, calon peserta bisa menunggu pengumuman resmi yang nantinya akan disampaikan oleh masing-masing instansi.

BKN juga menyarankan agar calon pendaftar mengecek vaiditas KTP yang dimiliki sebelum mendaftar. Pengecekan bisa dilakukan pada dinas Dukcapil setempat.

Untuk foto yang harus dikumpulkan atau diupload saat mendaftar, menurut Bima, setidaknya mengunggah dua jenis foto, yaitu foto resmi dan tidak resmi. Untuk foto resmi, peserta diperbolehkan mengunggah swafoto (foto selfie) dengan gaya resmi. Namun BKN juga mensyaratkan foto bebas karena seringkali foto yang ada di KTP tidak sama dengan foto terbaru.

Untuk ijazah dan transkrip nilai yang diunggah saat mendaftar menurut BKN juga harus telah dilegalisir oleh lembaga pendidikan terkait.

Selain ketentuan di atas, BKN menekankan pentingnya calon peserta agar saat pendaftaran berhati-hati dalam memasukkan NIK atau nomor induk kependudukan. Sebab, setiap calon peserta hanya diberi kesempatan satu kali saja dalam memasukkan NIK miliknya. "Hati-hati dalam menggunakan NIK karena peserta hanya bisa melakukan  satu kali input saja. Jadi satu kali pendaftaran untuk satu formasi jabatan saja," tegasnya.

Demikianlah informasi penting yang sebaiknya diperhatikan menyangkut persyaratan dokumen pada pendaftaran CPNS 2019. BKN tidak menyediakan fasilitas atau kesempatan untuk melakukan perubahan data jika terjadi kesalahan input.
Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Ingin Daftar CPNS 2019? Perhatikan Syarat Dokumen Penting Ini!"

Posting Komentar