Ingin Gunakan Nilai SKD CPNS 2018 Buat Daftar CPNS 2019? Ini Aturannya!

Buat anda yang pernah mengikuti CPNS 2018 dan ingin menggunakan hasil nilai SKD CPNS 2018 untuk mendaftar CPNS 2019 terbuka peluangnya. BKN sebagai panselnas telah mengeluarkan aturan teknis tentang tata caranya yang sebaiknya anda perhatikan.

Pemerintah telah mengumumkan secara resmi tentang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019. Untuk pendaftarannya sendiri baru akan dibuka mulai tanggal 11 November 2019. Saat ini calon pelamar diminta untuk mencermati formasi yang disediakan kementerian atau pemda dan menyesuaikan pilihannya dengan pendidikan dan kompetensinya.

aturan nilai skd cpns 2018
Foto-Kemenpan-RB

Ada sejumlah hal yang berbeda pada rekrutmen ASN 2019 dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adalah kebijakan pemerintah yang memperbolehkan peserta yang pernah mengikuti seleksi CPNS tahun sebelumnya untuk mengggunakan hasil tes SKD untuk digunakan mendaftar lagi pada penerimaan CPNS 2019.

Aturan Penggunaan Nilai SKD CPNS 2018 untuk Mendaftar CPNS 2019


Melalui Peraturan Menteri PAN RB Nomor 23 Tahun 2019 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2019 pemerintah telah mengatur ketentuan mengenai pelamar P1/TL tersebut.

Dalam ketentuan itu disebutkan bahwa pelamar dengan kategori P1/TL adalah peserta seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 yang hasil nilai SKD-nya telah memenuhi atau melewati nilai ambang batas. Namun peserta tersebut dinyatakan tidak lulus sampai pada tahap akhir karena formasi yang disediakan terbatas dan kalah tinggi nilainya dengan peserta lain.

Sebagai gambaran, jika terdapat enam orang yang nilai SKD-nya memenuhi passing grade, maka semuanya akan mengikuti tahapan tes SKB. Dari jumlah total nilai SKD dan SKB keenam peserta ini juga masih memenuhi namun karena jatah kursi yang ada hanya ada dua, maka hanya dua orang saja yang akan lolos dan empat orang lain dinyatakan tak lolos. Nah, keempat orang inilah yang diperkenankan untuk menggunakan nilainya untuk mengikuti kembali seleksi pada CPNS 2019.

Dalam menggunakan hak ini, peserta P1/TL bisa mendaftar dan mengikuti seleksi tes CPNS 2019 sesuai kualifikasi pendidikannya. Meskipun begitu jabatan dan instansi yang diinginkan pada CPNS 2019 bisa sama ataupun tidak sama dengan yang dilamar pada  CPNS 2018.

Selain itu peserta P1/TL mendapatkan peluang menggunakan hasil nilai terbaik dari yang diperoleh pada tes SKD 2018 maupun nilai SKD 2019. BKN sebagai panselnas akan menentukan hasil nilai SKD yang tertinggi sebagai dasar bagi peserta ybs untuk bisa mengikuti tahap tes SKB berikutnya.
Pelamar P1/TL pada saat mendaftar pada SSCASN CPNS 2019 wajib menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sama dengan NIK yang digunakan saat mendaftar CPNS 2018.

Namun pemerintah juga memberikan pilihan bagi pelamar P1/TL untuk memilih apakah akan mengikuti atau tidak mengikuti SKD CPNS 2019 saat mendaftar pada sistem SSCASN. Kalaupun nilai SKD tahun 2019 pelamar P1/TL tidak memenuhi nilai ambang batas, maka yang akan digunakan adalah nilai SKD CPNS 2018.

Selain itu nilai SKD 2018 akan sah untuk digunakan pelamar apabila:

  1. Memenuhi atau lebih tinggi dari nilai ambang batas SKD yang ditentukan untuk CPNS 2019 untuk jabatan maupun jenis formasi yang dipilih atau dilamarnya.
  2. Kualifikasi pendidikan yang digunakan untuk mendaftar formasi jabatan CPNS 2019 juga harus sama dengan kualifikasi pendidikan yang digunakan pada CPNS 2018.

Demikianlah informasi tentang aturan penggunaan nilai SKD CPNS 2018 buat peserta yang ingin mendaftar lagi pada penerimaan CPNS 2019.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Ingin Gunakan Nilai SKD CPNS 2018 Buat Daftar CPNS 2019? Ini Aturannya!"

Posting Komentar