Ombudsman Pantau CPNS 2019, 2.000 Aduan Tahun Lalu

Lembaga Ombudsman telah membentuk tim pengawas untuk ikut memantau pelaksanaan penerimaan CPNS 2019. Jika ada masyarakat yang mendapat perlakuan tidak adil atau menemukan pelanggaran ASN 2019 baik di pusat maupun daerah bisa melaporkannya ke Ombudsman.

Menurut salah satu anggota Ombudsman RI, Laode Ida bahwa lembaga ini selalu membentuk tim pengawas setiap dibuka penerimaan CPNS oleh pemerintah. Tugas utama ini adalah melakukan pengawasan dan menerima laporan masyarakat terhadap penyelenggaraan CPNS baik di pusat maupun di daerah.

Ombudsman berharap pada rekrutmen ASN tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mlakukan sosialisasi secara optimal agar tidak terjadi kebingungan. Dari pengawasan ini juga diharapkan pelaksanaan CPNS akan semakin transpaan dan akuntabel.

Kasus yang Sering Terjadi pada Seleksi CPNS


Dari pengalaman melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan CPNS tahun sebelumnya, Ombudsman menemukan masih banyaknya masyarakat yang bingung dengan aturan yang ada. Bahkan pada CPNS 2018, Ombudsman menerima sebanyak 2.000 pengaduan dari peserta dan masyarakat.



Salah satu masalah yang menonjol pada CPNS tahun lalu adalah adanya perbedaan nama jurusan kuliah. Hal ini yang kemudian menyebabklan terjadinya penolakan terhadap calon peserta CPNS.
"Misalnya jurusan administrasi negara tapi disebutkan administrasi publik,” katanya. Adanya perbedaan nama jurusan tentu saja akan menyebabkan beda nomenklatur jurusan sehingga dianggap tidak memenuhi syarat. Hal semacam ini yang akan peserta atau pendaftar.

Persoalan lain yang juga sering terjadi saat penerimaan CPNS antara lain  persyaratan yang membingungkan, persyaratan tentang akreditasi, ataupun persoalan kendala saat mengirim atau mengupload berkas dokumen saat mendaftar. "Selain itu juga ada pelamar yang tidak bisa mencetak kartu ujian, ataupun kasus ketidaksesuaian antara NIK dan KK peserta CPNS," kata Laode.

Kasus lain yang juga kerap terjadi adalah layanan pengaduan dari setiap instansi atau pemda tidak bekerja atau berfungsi secara maksimal. Hal ini menyebabkan peserta seleksi tidak memperoleh respon yang seharusnya sampai tahapan seleksi berakhir.

Seharusnya, menurut Laode, layanan pengaduan yang disediakan setiap instanssi atau pemda bisa bersifat komprehensif atau ad hoc sehingga layanan yang diberikan fokus dalam memberikan pelayanan terhadap pengaduan yang ada.

Penanganan Pengaduan CPNS 2019


Terhadap banyaknya pengaduan dan keluhan peserta selama pelaksanaan CPNS 2018 yang lalu semuanya masuk baik kepada Ombudsman pusat maupun  perwakilan Ombudsman yang ada di berbagai daerah.

Menuut Laode, jumlah aduan terbanyak berasal dari peserta yang ada di DKI Jakarta. Sedangkan instansi yang paling banyak disorot dengan jumlah pengaduan terbanyak adalah Kementerian Hukum dan HAM.

Sedangkan untuk mendapatkan penanganan yang semestinya, semua pengaduan yang masuk telah disampaikan oleh Ombudsman kepada panitia seleksi yang terdiri Kementerian PAN-RB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), maupun Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dengan adanya pengawasan ini diharapkan hak masyarakat dan peserta CPNS tidak akan dirugikan. Ombudsman juga berharap kasus serupa tidak akan terjadi lagi pada pelaksanaan CPNS 2019 sekarang ini.

Tempat Melaporkan Pelanggaran atau Kecurangan CPNS 2019


Nah, buat anda yang mengalami atau menemukan adanya kecurangan pada pelaksanaan CPNS 2019, anda memanfaatkan beberapa saluran yang disediakan untuk melaporkan.
Berikut ini beberapa instnasi yang bisa anda hubungi jika anda mengalami persoalan saat mengikuti CPNS 2019, yaitu

  • Instansi Penyelenggara, cek di : https://sscn.bkn.go.id/kontak
  • Kantor Ombudsman RI atau melalui e-mail timwascpns@ombudsman.go.id
  • Melalui situs: lapor.go.id (dikelola oleh Staf Kepresidenan RI)
  • Melalui Twitter: @Lapor1708
Namun agar laporan anda diterima dan ditindaklanjuti sebaiknya disertakan dengan bukti yang kongkret dan nyata.

Dengan adanya tim pengawas yang dibentuk Ombudsman untuk memantau pelaksanaan CPNS 2019 diharapkan tidak akan terjadi kasus yang merugikan peserta maupun masyarakat.

Ayo kunjungi sscnbkn.win

Subscribe untuk berlanggganan info terbaru :

0 Response to "Ombudsman Pantau CPNS 2019, 2.000 Aduan Tahun Lalu"

Posting Komentar