CPNSNews.Com ~ Sscn.bkn.go.id 2019/2020 Formasi Pendaftaran CPNS Kemenkes Bidan Dan Perawat | Meskipun di tahun 2018 lalu memang telah dibuka CPNS Kemenkes namun untuk kebutuhan daerah di bidang kesehatan tampaknya belum terpenuhi seutuhnya sehingga di tahun 2019/2020 pemerintah bermaksud membuka lowongan CPNS kembali per daerah yang jumlahnya juga cukup banyak yakni hingga mencapai 110 ribu orang seluruh daerah di Indonesia.

Meskipun dibuka secara besar-besaran namun tidak semua daerah itu dapat melakukan perekrutan CPNS melainkan hanya daerah yang memenuhi kriteria dengan uang APBD tidak melebihi 50% untuk belanja pegawai.

Mengenal Sscn.bkn.go.id 2019/2020

Sscn.bkn.Go.Id merupakan situs website yang mengelola pelayanan kepegawaian di bidang Kementerian Kesehatan di Indonesia. Ropeg Kemkes merupakan kepanjangan dari Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan, yang memiliki visi sebagai Pelayanan administrasi kepegawaian yang prima di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Sedangkan misi yang disusun yaitu, pertama, menjamin ketersediaan dan pemerataan tenaga kesehatan, baik di dalam jumlah maupun dalam jenis di lingkungan Kementerian Kesehatan. Kedua, meningkatkan penyelenggaraan administrasi mutasi kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan. Ketiga, meningkatkan fungsi koordinasi pelayanan administrasi kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan, dan keempat menerapkan sistem reward and punishment pegawai di lingkungan Kementerian Kesehatan.

Kini yang menjadi pertanyaan tentang kapan dan bagaimana proses perekrutan CPNS Kemenkes dalam CPNS 2019/2020, mengenai kapan tanggal pelaksanaan dan persyaratan apa saja yang dibutuhkan? Kabar gembira lainnya bahwa tes CPNS 2019/2020 Kemenkes terbebas dari kebijakan moratorium yang biasanya diberlakukan tiap tahun, untuk lebih lengkap mengenai Pendaftaran CPNS Kemenkes 2019/2020 di Sscn.bkn.go.id ataupun review mengenai situs resmi kemenkes di Sscn.bkn.go.id, mari disimak ulasannya hingga selesai. 

cpns 2019/2020


Tugas Pokok Sscn.bkn.go.id 

Dalam mengemban tugasnya sebagai pelayan masyarakat, dalam websitenya di Sscn.bkn.go.id memiliki beberapa tugas pokok. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 1144 Tahun 2010 Pasal 28 menyebutkan bahwa Biro Kepegawaian memiliki tugas untuk melaksanakan pengelolaan kepegawaian di lingkungan Kementerian Kesehatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah berlaku. Dalam melaksanakan tugasnya, Biro Kepegawaian Kementerian Kesehatan dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu bagian pengadaan, bagian mutasi, bagian pengembangan pegawai, serta bagian umum dan kesejahteraan pegawai. Dalam alamat web ropeg kemenkes tersebut dijelaskan secara detail bagian tugas-tugas yang dilakukan.

Bagian pengadaan Sscn.bkn.go.id memiliki beberapa tugas untuk melaksanakan tugas urusan pengadaan/ rekruitmen pegawai yakni perekrutan CPNS kemenkes tahun 2019/2020 baik itu Bidan PTT maupun pelamar umum juga honorer K2 yang jadwalnya bisa cek sebagai berikut.
Bagian pengadaan pegawai di Kemenkes dibagi menjadi beberapa sub-sub bagian. Sub bagian penyusunan formasi dan kebutuhan pegawai memiliki tugas untuk melaksanakan penyusunan perencanaan kebutuhan dan formasi pegawai negeri sipil, pegawai tidak tetap, dan penugasan khusus serta evaluasi penempatan.

Sedangkan untuk sub bagian pengangkatan pegawai negeri sipil memiliki wewenang untuk melakukan seleksi dan pengangkatan pegawai negeri sipil, serta sub bagian pengangkatan pegawai tidak tetap dan penugasan khusus memiliki tugas untuk melakukan seleksi dan pengangkatan pegawai tidak tetap dan penugasan khusus.

Laman Ropeg.Kemenkes.go.id juga menerangkan tugas pokok bagian mutasi yang memiliki tugas untuk melaksanakan urusan mutasi bagi pegawai, yang dibagi menjadi beberapa sub bagian, yakni pada sub bagian kenaikan pangkat bertugas untuk melakukan penyelesaian administrasi kenaikan pangkat.

Pada sub bagian pemindahan dan pemberhentian memiliki tanggung jawab untuk melakukan penyelesaian urusan pemindahan, pemberhentian, dan pensiun pegawai. Sedangkan sub bagian informasi dan tata naskah memiliki tugas untuk melakukan pengelolaan informasi dan tata naskah kepegawaian.

Tak hanya itu, dilansir dari Sscn.bkn.go.id dalam menunya, bagian pengembangan pegawai memiliki wewenang untuk melaksanakan urusan bagian pengembangan pegawai. Sub bagian penilaian dan pengembangan karir bertugas untuk menyiapkan bahan penilaian kinerja, kebutuhan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan, tugas dan izin belajar, ujian dinas dan pengisian jabatan struktural.

Pada sub bagian administrasi dan jabatan fungsional memiliki tugas untuk melaksanakan urusan dalam bidang administrasi dan verifikasi jabatan fungsional. Sedangkan untuk sub bagian administrasi tenaga strategi bertugas untuk melakukan dalam bidang administrasi tenaga kesehatan strategis.

Pada url Sscn.bkn.go.id tersebut juga menerangkan tugas bagian umum dan kesejahteraan pegawai dijelaskan bahwa memiliki tugas untuk melaksanakan dalam urusan peraturan kepegawaian, pemberian penghargaan, administrasi kesejahteraan pegawai, kesehatan pegawai, dan tata usaha Biro. Dalam tugasnya, sub bagian peraturan kepegawaian bertugas untuk melakukan kesiapan bahan penyusunan petunjuk pelaksanaan dan melakukan dokumentasi peraturan kepegawaian dan penyelesaian masalah kepegawaian.

Sedangkan sub bagian penghargaan dan kesejahteraan pegawai mempunyai tugas untuk melakukan pengelolaan dalam bidang penyerahan penghargaan, administrasi kesejahteraan pegawai, administrasi pemeriksaan kesehatan pejabat dan calon pegawai negeri sipil (CPNS) serta poliklinik kesehatan untuk pegawai. Serta pada sub bagian tata usaha biro bertugas untuk melakukan penyusunan rencana, memonitoring, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga biro. Jadi Sscn.bkn.go.id memiliki tugas dan wewenang tersendiri di setiap bidangnya masing-masing.

Lowongan Kerja Dalam Website Sscn.bkn.go.id

Bagi para lulusan sekolah di jurusan kesehatan, tes CPNS Kementerian Kesehatan Tahun 2019/2020 akan segera dibuka secara umum dan honorer k2. Persyaratan CPNS 2019/2020 yang akan dibutuhkan pada tes CPNS Kemenkes 2019/2020 terbagi menjadi dua, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus CPNS 2019/2020, yakni dengan menyesuaikan jadwal yang sudah ditetapkan. Untuk lebih jelasnya, informasi dapat dilihat di laman Sscn.bkn.go.id.

Selain Sscn.bkn.go.id ada beberapa web resmi lain yang bisa diakses karena memuat informasi pendaftaran tes CPNS 2019/2020 yaitu :
  1. Sscn.bkn.go.id tempat pertama kali melakukan registrasi pendaftaran.
  2. Sscn BKN situs login BKN untuk melakukan proses pendaftaran tingkat lanjut.
Deskripsi: ropeg.kemenkes.go.id merupakan situs website untuk melayani informasi segala sesuatu yang berkaitan dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan penerimaan pegawai negeri sipil di lingkungan Kemenkes.
Description
: Sscn.bkn.go.id 2019/2020 Formasi Pendaftaran CPNS Kemenkes Bidan Dan Perawat
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Sscn.bkn.go.id 2019/2020 Formasi Pendaftaran CPNS Kemenkes Bidan Dan Perawat