SSCN.BKN.go.id Cara Registrasi Pendaftaran CPNS Online 2018 ~ Kapan Penerimaan CPNS 2018 Dibuka | Bagi sebagian besar orang di Indonesia, penerimaan CPNS merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu, apalagi bagi mereka yang baru lulus kuliah atau yang belum mendapatkan pekerjaan. Banyak pula yang bertanya kapan penerimaan CPNS 2018 dibuka. Kabarnya, penerimaan CPNS 2018 akan dibuka pada bulan maret 2018.

Penerimaan CPNS 2018 Dibuka bulan Maret 2018, Benarkah? Pertanyaan ini pasti banyak muncul di sebagian besar orang di Indonesia. Tapi bukan berarti hal ini sudah pasti, bisa saja hanya kabar burung atau belum pasti. Oleh karena itu, agar informasi tidak rancu tentang penerimaan CPNS 2018 maka kami akan mengulas informasinya disini.


Sebagian besar orang termasuk kita pasti sudah menunggu lama tentang kabar dibukanya pendaftaran CPNS 2018 dan sampai saat ini sudah banyak kabar yang muncul, ada kabar baru yang dapat dipercaya dan ada yang tidak tentang kabar tes CPNS akan dibuka di awal tahun 2018. Untuk kapan kabar yang pasti semua orang masih menunggu hal itu.

Penerimaan CPNS Dibuka Maret 2018, Benarkah?

Benarkah kabar tentang penerimaan CPNS 2018 dibuka mulai bulan Maret 2018 ? Pasalnya, penerimaan CPNS tidak dibuka secara rutin setiap tahunnya dan tidak memiliki jadwal yang tetap. Hal ini dikarenakan, pihak dari SSCN BKN banyak hal yang harus dipertimbangkan yang berhubungan dengan mengadakan tes CPNS.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cek Info Pendaftaran CPNS 2018 di SSCN BKN

Banyak orang di Indonesia yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jika diterima PNS, maka kemungkinan di hari tua Kamu pasti lebih terjamin tanpa harus bekerja keras seperti saat muda. Inilah yang menjadi alasan kuat bagi sebagian besar orang untuk menjadi PNS.

Lantas pada bulan apa penerimaan CPNS 2018 dibuka ? berikut ini akan kami ulas jawabannya yang kami dapatkan dari situs CPNS di SSCN BKN 2018.

Penerimaan CPNS Tidak Dilakukan Bulan Maret 2018

Setelah pendaftaran CPNS tahun 2017 resmi ditutup, pemerintah merencanakan untuk membuka kembali pendaftaran CPNS di tahun 2018. Hal ini dikarenakan masih banyak daerah yang membutuhkan pegawai di beberapa sektor. Penerimaan CPNS 2018 dibuka untuk daerah, provinsi dan kabupaten dengan formasi yang sesuai kebutuhan, menurut pihak Menteri Pendayaguaan Aparatur.

Untuk kapan pelaksanaan CPNS 2018 belum ada kabar pastinya. Karena setiap daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten belum menyebutkan jumlah kebutuhan pegawai di tahun 2018. Panselnas menpan mengatakan bahwa penerimaan CPNS 2018 pasti tidak pada bulan Maret, karena perlu perhitungan bersama dengan beberapa pihak lain.


Kuota CPNS Tahun 2018

Bagi Kamu yang belum berhasil tes CPNS tahun 2018 jangan khawatir. Kenapa begitu? Karena, peluang untuk menjadi PNS di tahun 2018 lebih besar daripada tahun sebelumnya. Menurut Asman Abnur, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, di tahun 2018 jumlah PNS yang akan pensiun adalah 220.000 orang.

Tapi, kuota PNS tahun 2018 akan dibuka sebanyak 50-60% dari total PNS yang akan pensiun. Kuota itu nantinya dibagi menjadi beberapa formasi sesuai kebutuhan dari setiap daerah, provinsi, maupun kabupaten di Indonesia.

Ragam Bidang Kompetensi CPNS 2018

Akan ada banyak bidang kompetensi yang dibutuhkan pada penerimaan CPNS tahun 2018. Berbagai bidang yang dapat menunjang lancarnya kegiatan perekonomian di Indonesia akan dibuka. Pihak Kemen PAN-RB akan lebih memperhatikan disiplin ilmu untuk penerimaan CPNS 2018 tahun ini.

Jika pada tahun-tahun sebelumnya, ada guru dari lulusan sastra atau yang lainnya, sekarang pihaknya menekankan untuk menjadi guru harus memiliki gelar sarjana pendidikan (S.Pd). Hal ini juga belaku untuk bidang kompetensi yang lain. Hal ini bertujuan supaya dalam melaksanakan tugasnya PNS tidak perlu belajar ilmu lebih lama lagi.

Proses Penerimaan CPNS

Agar bisa menjadi PNS, pastinya Kamu harus bersaing dengan ribuan bahkan jutaan pesaing lainnya dari berbagai daerah di Indonesia. Kamu bisa melakukan pendaftaran CPNS jika pengumuman resmi telah diadakannya bukaan CPNS 2018 sudah ada.

Surat resmi lebih dulu tentang pengadaan CPNS kepada pemerintah penyelenggara di masing-masing kabupaten atau kota akan diterbitkan lebih dahulu oleh pihak panselnas menpan. Setelah itu diedarkan kepada para pemohon CPNS di masing-masing daerah. Pemerintah mempunyai hak untuk membuat kebijakan khusus seperti syarat SKCK atau surat perjanjian denda jika pendaftar mengundurkan diri.

Cara Pendaftaran CPNS

Jika pengumuman bukaan CPNS telah resmi diedarkan dan waktu pelaksanaan sudah ditetapkan, maka Kamu dapat melakukan pendaftaran CPNS secara online di situs http://sscn.bkn.go.id. Kamu dapat memilih bidang yang sesuai dengan pendidikan terakhir Kamu. Kamu juga bisa melihat peluang dari formasi yang dibutuhkan pada tiap instansi.

Kamu wajib mengisi formulir pendaftaran tersebut secara lengkap dan benar. Kamu juga harus memenuhi semua persyaratan dan mengikuti peraturan yang berlaku. Setelah itu, cetak kartu bukti pendaftaran yang akan dibawa pada saat melakukan tes CAT nanti.

Cara Pendaftaran CPNS 2018 lengkap bisa cek di Panduan SSCN BKN untuk Pendaftaran CPNS 2018

Jadwal Registrasi Online CPNS 2018

Apabila bidang guru dan tenaga kesehatan tidak berlawanan dengan kebijakan moratorium, akan ada beberapa cara registrasi online pada pendaftaran tes CPNS 2018. Akan lebih bagus jika kita mengetahui lebih awal tentang tata cara pendaftaran awal dengan cara registrasi online CPNS 2018.

Berikut ini adalah tata acara yang harus kamu lakukan.

1.    Akses situs resmi tempat registrasi Online
Banyak situs yang mengulas tentang informasi seputar tes CPNS, tetapi untuk tempat pendaftaran dan registrasi online hanya ada satu, yaitu Regpanselnas Menpan. Cara termudah untuk mendaftar adalah dengan menggunakan mesin pencari google dan mengetikkan kata kunci "Panselnas Menpan". Maka akan muncul website resmi registrasi online CPNS 2018.

2.    Register dan Login kemudian mengisi Form Pendaftaran online CPNS 2018
Apabila website resmi yang sebelumnya dijelaskan sudah ketemu, maka selanjutnya adalah melakukan registrasi penerimaan CPNS 2018 yang akan berjalan dalam 2 tahap. Yang pertama dengan mengisikan biodata diri di website Regpanselnas Menpan, setelah itu hasil registrasi pertama ini kamu akan mendapatkan username dan password. Akun ini bisa digunakan untuk login ke website SSCN BKN. Baik Panselnas Menpan maupun SSCN BKN berisi form pendaftaran online CPNS 2018 yang harus diisi dengan biodata yang benar untuk menghindari munculnya permasalahan.

3.    Cetak Kartu Registrasi Online CPNS 2018
Proses terakhir ketika semua langkah diikuti dengan baik maka kamu akan mendapatkan kartu tanda registrasi online CPNS 2018 yang dapat dicetak dan dilampirkan dalam berkas pengajuan menjadi peserta tes CPNS 2018 yang sesuai dengan ketetuan yang diadakan oleh instansi yang berwenang.

4.    Persiapan diri menjelang tes CPNS 2018 itu penting
Poin – poin yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan tahapan penting dari proses registrasi online CPNS 2018. Langkah selanjutnya kamu tinggal melakukan persiapan diri karena waktu terus berlalu dan makin hari waktu dan kesempatan itu akan semakin berkurang sehingga persiapan yang dilakukan jauh-jauh hari dapat terlaksana dengan baik. Cara yang paling ampuh untuk melakukan persiapan menuju tes CPNS yang saat ini memanfaatkan sistem CAT adalah dengan mempelajari soal-soal tes CPNS 2018 yang keluar setiap tahun.

Demikianlah penjelasan tentang penerimaan CPNS 2018, semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu tentang kabar-kabar CPNS yang sering kali menyesatkan, karena informasi resmi hanya yang muncul dari BKN dan juga Menpan.
Description
: SSCN.BKN.go.id Cara Registrasi Pendaftaran CPNS Online 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: SSCN.BKN.go.id Cara Registrasi Pendaftaran CPNS Online 2018