CPNSNews.com ~Formasi CPNS Daerah 2019/2020 Semua Kota dan Kabupaten di Seluruh Indonesia | Sebagaimana diketahui sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kepala provinsi menegaskan pihaknya sampai saat ini masih menunggu keputusan pembagian formasi untuk daerah.


Formasi CPNS Daerah 2019/2020 telah ditentukan. Untuk formasi kesehatan sudah ditetapkan Menpan-RB. "Kita tinggal menunggu pembagian formasi bagi daerah, untuk sebagian sudah ditetapkan Menpan-RB seperti tenaga kesehatan, "ujar kepala provinsi.

Pengadaan CPNS Tahun 2019/2020 ini direncanakan akan membuka 238.015 formasi. 51.271 formasi untuk instansi Pemerintah Pusat  (76 K/L) dan 186.744 formasi untuk instansi Pemerintah Daerah (525 Pemda).

Peruntukan instansi Pemerintah Pusat terdiri dari : Jabatan Inti yang diisi dari pelamar umum sebanyak 24.817 formasi, Guru Madrasah Kementerian Agama yang bertugas di Kabupaten/Kota sebanyak 12.000 formasi, serta dosen Kemenristekdikti dan Kementerian Agama sebanyak 14.454 formasi.

Adapun peruntukan instansi Pemerintah Daerah terdiri dari Guru Kelas dan Mata Pelajaran sebanyak 88.000 formasi, Guru Agama sebanyak 8.000 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60.315 formasi (Dokter Umum, Dokter Spesialis, Dokter Gigi, dan Tenaga Medis/Paramedis), serta Tenaga Teknis yang diisi dari pelamar umum sebanyak 30.429 formasi. Lihat formasi CPNS 2019/2020 selengkapnya.

Penetapan formasi khusus pengadaan CPNS Tahun 2019/2020 terdiri dari Putra/Putri Lulusan Terbaik (Cumlaude), Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Diaspora, Olahragawan Berprestasi Internasional, serta Tenaga Pendidik dan Tenaga Kesehatan dari Eks Tenaga Honorer Kategori II jabatan guru dan tenaga kesehatan yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi CPNS.

Dan telah ditetapkan bahwa pengumuman pendaftaran CPNS akan dimulai 19 September 2019/2020, info lebih lanjut silahkan cek Info Pendaftaran CPNS 2019/2020.

Menurut Kepala provinsi untuk se-Indonesia memang sudah ada angka formasi bagi kesehatan dan tenaga pengajar, namun jika dibagi-bagi ke semua daerah di Indonesia angkanya akan sedikit. "Paling yang dapat per daerah itu tidak sampai dengan angka yang kita ajukan. Karena harus berbagi dengan semua daerah di Indonesia, "ujar kepala provinsi.

Kepala provinsi menambahkan pihaknya di daerah masih menunggu keputusan Menpan-RB tersebut dan semuanya berdasarkan analisa dari Menpan-RB sesuai formasi yang diajukan sebelumnya."Kita tunggu lah berapa yang dibagi untuk Riau dan Kabupaten/Kota lainnya, karena kemungkinan awal Agustus sudah diumumkan ke daerah, "ujarnya.

Beberapa pihak terkait juga meminta masyarakat untuk tidak percaya dengan janji sejumlah oknum yang mengaku bisa meluluskan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Karena biasanya banyak oknum yang bermain memanfaatkan momen ini dengan melakukan penipuan terhadap peserta yang berjuang jadi PNS.

"Kami ingatkan jauh-jauh hari agar tidak ada korban, masyarakat jangan percaya sedikitpun kalau ada yang menjanjikan bisa meluluskan jadi CPNS. Tidak ada yang bisa membantu sekarang ini kecuali dengan kemampuan masing-masing," ujar dari kepala provinsi. Karena seluruh proses dilakukan dengan sistem komputer dan ujiannya juga dengan sistem komputer, sehingga bagi yang nilainya tidak mencapai standar maka akan langsung gugur. Sehingga tidak bisa dimanipulasi.

Perlu di sampaikan ke masyarakat, karena masih banyak masyarakat yang percaya dan bahkan rela sampai membayarkan uang besar, padahal hanya ditipu,karena dalam perekrutan anggota CPNS tidak pernah ada aturan sepert itu. Sebagaimana yang terjadi selama ini, banyak masyarakat jadi korban yang ujungnya berurusan dengan hukum, sedangkan uang yang sudah disetorkan tidak kembali lagi."

Dan kami juga mengingatkan dengan tegas, jika ada oknum pegawai Pemprov yang melakukan penipuan dengan menjanjikan bisa luluskan PNS akan kami tindak sesuai aturan.

Ada beberpa informasi yang disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019/2020 pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada). Menteri PAN-RB tealah menyampaikan bahwa perkiraan kemungkinan tes penerimaan CPNS 2019/2020 antara tanggal 7 Juli 2019/2020 hingga 17 Juli 2019/2020.

Dikutip dari beberapa laman situs yang memberikan informasi tentang CPNS, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, proporsi terbesar formasi CPNS tahun 2019/2020 akan difokuskan untuk jabatan-jabatan khusus seperti teknisi, guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Apakah Anda Mengetahui Formasi CPNS Daerah 2019/2020?

Karena itu, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan.

Sistem CAT

Dalam sistem seleksi yang telah disepakati, secara teknis di semua daerah menggunakan sistem CAT, alias ujian dengan sistem komputer.

"Standar tes CPNS itu termasuk dengan sistem CAT. SEmua calon CPNS dinilai berdasarkan kemampuan dan kompetensi," jelas Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Susunan Formasi

Susuna formasi yang tengah dibuat oleh Kementerian PAN-RB untuk CPNS 2019/2020. Pihaknya menuturkan bahwa kompetensi harus dicocokkan dengan tugas yang ditawarkan. Termasuk menentukan unit-unit kerja yang dibutuhkan.

Dokumen yang Harus Dipersiapkan

Untuk tenaga profesional persyaratan atau dokumen yang harus dipersiapkan sebagai berikut:
1.    Fotokopi KTP
2.    Fotokopi Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir
3.    Surat keterangan akreditasi dari BAN PT.
4.    Pas foto terbaru ukuran 4x6 cm sebanyak 4 lembar latar belakang merah.

Dokumen tambahan bagi lulusan D III dan SMA/sederajat antara lain:
1.    Materai Rp 6.000
2.    Fotokopi KTP
3.     Fotokopi ijazah/STTB
4.    Fotokopi ijazah SD
5.    Fotokopi ijazah SLTP
6.    Fotokopi ijazah SLTA.

Alur Pendaftaran
⦁    Pertama, pendaftar dilakukan portal masing-masing kementrian/CPNS daerah.
⦁    Kedua, isi formulir dan jangan lupa ditandatangani
⦁    Ketiga, Anda akan mendapat nomor bukti registrasi
⦁    Keempat, unggah/kirimkan dokumen yang dibutuhkan, jangan lupa sertakan pas foto sesuai ketentuan.
⦁    Kelima, kirimkan berkas-berkas seperti formulir pendaftaran.

Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, mengatakan Kementerian PAN RB sudah mengusulkan formasi jumlah CPNS 2019/2020 ke Kementerian Keuangan."Pada 2019/2020 diperkirakan yang akan pensiun 250 ribu orang. 38 ribu di pemerintah pusat dan sisanya daerah. Informasi terbaru ini  yang dapat kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk CPNS 2019/2020," ujarnya.

Apakah Anda Mencari Informasi Tentang Formasi CPNS Daerah 2019/2020?

Sebanyak 38 ribu akan dibuka untuk pemerintah pusat dan sisanya untuk pemerintah daerah. Kementerian PAN-RB memperkirakan jumlah pendaftar CPNS 2019/2020 sekitar 60-70 persen dari total 220 ribu orang pegawai yang akan pensiun tahun ini. Pihak kementrian juga menegaskan jika jumlah CPNS yang diterima tidak akan melebihi jumlah pensiunan yang akan digantikan.

Dalam rapat kordinasi nasional(Rakornas) Badan Kepegawaian Negara (BKN), Salah satu yang dibahas dalam Rakornas Kepegawaian ini tentang formasi CPNS 2019/2020. Disebutkan bahwa, ada sekitar 100.000 formasi bagi tenaga pendidik pada penerimaan CPNS 2019/2020. Hal ini disampaikan BKN melalui akun resmi Twitter-nya. Pelaksanaan formasi bagi CPNS pusat dan daerah akan dilakukan oleh BKN secara terintegrasi, melalui portal pendaftaran nasional dan seleksi melalui CAT BKN.

Jumlah detail formasi CPNS 2019/2020 akan segara diumumkan dalam waktu dekat ini. Selain itu, akan ada penambahan formasi khusus untuk tenaga pendidik dan kesehatan. Dalam video yang diunggah akun BKN tersebut, Disana Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengatakan, prioritas penerimaan CPNS adalah bidang kesehatan dan pendidikan. Ada beberapa formasi khusus yang ditentukan, antara lain dispora, cum laude, putra/putri Papua, dan disabilitas.

Dari beberapa informasi yang saya dapat bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mempersiapkan untuk rekruitmen CPNS 2019/2020. Berikut adalah 5 persiapkan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Kelompok Kerja (Pokja)  Badan Kepegawaian Negara ( BKN) dan Quality Assurance Panitia Seleksi Nasional (QA Panselnas) Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019/2020 melakukan koordinasi terkait rekrutmen CPNS tahun ini.

Siapa yang Menetapkan Formasi CPNS Daerah 2019/2020?

Selain menetapkan formasi CPNS daerah 2019/2020, Mengutip dari situs web BKN, dilakukan beberapa hal untuk mematangkan persiapan rekrutmen CPNS, yaitu:

1.    Membuat portal SSCN menjadi mudah digunakan. Kepala Biro Humas BKN, mengatakan, kesiapan infrastruktur yang berada di bawah pengelolaan BKN di antaranya portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) dan sistem Computer Asissted Test (CAT) dalam mendukung rekrutmen CPNS yang objektif dan akuntabel. Menurut dia, portal SSCN akan lebih mudah digunakan, dengan adanya meknisme panduan yang akan meminimalisasi kesalahan memilih formasi berdasarkan latar belakang pendidikan.

2.    Informasi yang sebenarnya mengumumkan bahwa calon pendaftar juga akan mendapatkan informasi waktu yang tepat tentang jumlah pelamar pada formasi tertentu dari kementerian/lembaga/daerah tertentu. Dengan cara ini, calon pelamar diharapkan semakin dimudahkan melakukan pendaftaran saat penerimaan CPNS 2019/2020 resmi dibuka.

3.    Lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) BKN telah dirancang di 134 titik lokasi SKD dengan CAT BKN. Namun, jumlah ini bisa berubah tergantung kebutuhan.

4.    SKD dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) hanya melalui CAT BKN Mulai tahun ini, seluruh pelaksanaan SKD dan SKB hanya akan dilakukan melalui seleksi berbasis CAT BKN yang akan diselenggarakan BKN selaku Panselnas. Perubahan mekanisme seluruh proses seleksi CPNS ini dipastikan sesuai ekspektasi publik.

5.    Alur pendaftaran lebih singkat Selain perubahan dari proses seleksi, pendaftaran CPNS akan dilakukan melalui portal nasional di laman http://sscn.bkn.go.id dan tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh instansi lainnya.

Penjelasan selanjut cek Registrasi Pendaftaran CPNS 2019/2020 Online.
Description
: Formasi CPNS Daerah 2019/2020 Semua Kota dan Kabupaten di Seluruh Indonesia
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Formasi CPNS Daerah 2019/2020 Semua Kota dan Kabupaten di Seluruh Indonesia