CPNSNews.com ~ Berikut kami sampaikan kesimpulan hasil rapat koordinasi nasional (rakornas) yang berlangsung pada 30 Juli - 2 Agustus 2019 lalu di Hotel Bidakara, Tebet, Jakarta Selatan.


Rapat tersebut dinamakan Rapat Koordinasi Perencanaan ASN Tahun 2020-2024 dan Pengadaan ASN Tahun 2019, dimulai Selasa, 30 Juli 2019.

Rakor tersebut turut dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Kepala BKN Bima Haria Wibisana.

Hasil Rakornas CPNS 2019, Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Dimulai Oktober

Rakor ini dibuka oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin.

Dalam sambutannya, Syafrudin mengatakan kementerian dan lembaga negara rencananya melakukan perekrutan 100.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 75.000 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Untuk tahun ini akan direkrut 100.000 CPNS kemudian 75 ribu PPPK. Jadi total 175 ribu untuk seluruh Indonesia," kata Syafruddin.

Rapat koordinasi tersebut diadakan untuk menyusun jadwal dan anggaran perekrutan, karena tidak hanya menyangkut penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di pusat tapi juga Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).


Silahkan cek Pengumuman CPNS 2019


MenpanRB dan BKN Gelar Rakor Penerimaan CPNS 2019 dan PPPK 2019, Kapan Pendaftaran Dibuka?

Pemerintah memastikan akan menyelenggarakan rekrutmen Aparatur Sipil Negara (ASN) baik CPNS 2019 maupun PPPK 2019. Sehingga Kemenpan-RB Gelar Rapat Koordinasi Pengadaan CPNS 2019.

Acara berlangsung tertutup dan diikuti oleh ratusan peserta. Mereka yang hadir di antaranya perwakilan dari Kementerian dan Lembaga (K/L) hingga pemerintah daerah.

Berdasarkan keterangan Badan Kepegawaian Negara (BKN) para kepala daerah juga diundang dalam rakor kali ini.

"Semua K/L harusnya (datang)," kata Kasubbag Hubungan Media Dan Antar Lembaga BKN Diah Eka Palupi dikonfirmasi terpisah.

Hasil Rakornas, akan disusun timeline dan jadwal Rekrutmen CPNS dan P3K 2019

Rakor membahas perencanaan CPNS 2019 dan lima tahun ke depan. Di sana disampaikan sejumlah pemerintah daerah yang belum menyempaikan usulan, di antaranya Lampung dan sejumlah kabupaten lainnya.

Kepastian formasi ini menunggu Kemenpan. Mereka berjanji pada rapat itu, kepastian ini pada Oktober 2019. Tetapi kami menunggu secara resmi dan baru akan kami umumkan.

"Hasil rakor ini akan disusun jadwalnya. Ini akan dibahas dua hari ini, kapan timeline-nya, kapan jadwalnya, Karena itu menyangkut anggaran, bukan hanya anggaran APBN Pemerintah Pusat juga APBD," kata Menpan RB Syafruddin dalam rapat di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Dia menjelaskan, formasi rekrutmen ASN tahun ini diprioritaskan untuk tenaga pelayanan dasar di bidang kesehatan dan pendidikan dan tenaga teknis.

Lihat Jadwal dan Proses Rekrutmen CPNS 2019


Pemerintah Buka 175 Ribu Formasi PPPK dan CPNS 2019

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyatakan, pemerintah pada tahun ini akan membuka total sebanyak 175 ribu formasi pada perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Tahap II dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019.

Pernyataan itu ia keluarkan pasca melakukan rapat koordinasi (rakor) persiapan perencanaan perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa ini.

"Untuk tahun ini akan direkrut 100 ribu CPNS, kemudian 75 ribu PPPK. Jadi total sekitar 175 ribu," jelas Syafruddin di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Dia pun memastikan, pelaksanaan tes PPPK Tahap II dan CPNS 2019 tetap akan dilaksanakan pada tahun ini.

"Iya tahun ini, enggak boleh lewat. Karena sudah rencananya itu RPJMN (Rencana Panjang Jangka Menengah Nasional) tahun ini," pungkas dia.

BKN Sebut 70 Instansi Pemerintah Daerah Belum Ajukan Formasi CPNS 2019

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara ( BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, sebanyak 70 instansi pemerintah daerah belum mengusulkan formasi Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS) 2019.


Padahal, mekanisme pengusulan formasi CPNS bisa dilakukan dengan sistem E-informasi.

"Sebenarnya sebagian besar sudah mengupload dan mengusulkan di E-informasi, tapi masih ada 70 instansi yang masih belum (mengupload), ini jadi apa enggak sih. Yang masih belum kebanyakan yang masih belum, kalau pusat rata-rata sudah," kata Ridwan di Hotel Bidakara, Selasa (30/7/2019).

Ridwan mengatakan, 70 instansi pemerintah daerah yang belum mengusulkan formasi CPNS 2019 paling banyak berada di kabupaten-kabupaten yang ada di provinsi Banten, Gorontalo, Jambi, Papua dan Sulawesi Selatan.

BKN, kata Ridwan, tetap menunggu usulan formasi dari daerah-daerah tersebut. "Kalau bisa secepatnya, Kita enggak akan meninggalkan mereka (daerah)," kata dia.

Selain itu, kata Ridwan, menjelang pelaksanaan seleksi CPNS 2019, BKN sudah memperhitungkan persiapan-persiapan menjelang hari pelaksanaan.

"Deadline bagi kami pak Menpan berkali-kali menyampaikan seleksi CPNS akan diadakan Oktober. Nah itu tinggal ini harus ngapain-ngapain. Tanggal pastinya belum," ujarnya.

Jadwal CPNS 2019 : Pendaftaran CPNS 2019/2020: JadwalCPNS.com

Bagikan :
Description
: Hasil Rakornas CPNS 2019, Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Dimulai Oktober
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Hasil Rakornas CPNS 2019, Berikut Jadwal Pendaftaran CPNS dan P3K Dimulai Oktober