CPNSNews.com ~ Kabar gembira bagi tenaga Honorer tentang Nasib Honorer dalam CPNS dan PPPK 2019, Mendikbud memberi tempat istimewa para honorer dengan melakukan perjuangan lebih, Apa hasilnya? Nasib Honorer dalam CPNS dan PPPK 2019 dan Bakal Diangkat Sampai 2024, Cek Informasinya.


Di awal tahun begini perhatian dari Mendikbud

Sempat diwacanakan menjadi prioritas di awal tahun lalu, kini sedikit demi sedikit nasib honorer di CPNS dan PPPK 2019 mulai jelas.

Sebelumnya diagendakan khusus para guru honorer telah mengabdi lama, terutama lebih dari 10 tahun, akan diprioritaskan diangkat oleh pemerintah melalui skema perjanjian kerja.

Mendikbud menilai, persoalan guru honorer akan terus mengemuka jika kepala sekolah mengangkat guru-guru baru, yang pada akhirnya berharap ada pengangkatan.

Akan tetapi, berbeda jika kepala sekolah memperpanjang masa bakti guru yang pensiun.

“Kalau diangkat kepala sekolah nanti persoalan tidak selesai. Cukup yang pensiun. Toh rata-rata usia pensiun 60 tahun dan untuk mengabdi beberapa tahun lagi masih bisa. Gaji diambilkan dari BOS,” ujar Muhadjir.

Inilah dasar Mendikbud mengeluarkan peraturan dilarang mengadakan atau menambah tenaga honorer sejak akhir 2018 lalu.

Mendikbud: Pengadaan Guru Honorer Dilarang

Berdasarkan data pemerintah, jumlah tenaga honorer saat ini mencapai 438.590 orang yang terdiri atas jabatan guru, dosen, tenaga kesehatan, penyuluh, dan tenaga administrasi. Khusus untuk guru honorer jumlahnya saat ini mencapai 157.210 orang atau 35,84%.

Mendikbud mengatakan, Presiden telah berikan instruksi bahwa keberadaan guru honorer di masa depan sudah tidak diperbolehkan lagi.

Dengan instruksi ini, maka status guru nanti hanyalah guru berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Selama ini sekolah mengangkat guru honorer untuk menutupi kekurangan guru PNS yang belum terdistribusi dengan baik.

Setelah PPPK tahap 1 sudah dilaksanakan, dan tak lagi pemerintah akan membuka PPPK tahap 2 yang direncanakan pada Oktober nanti.

Mendikbud Ajukan Penambahan 180 Ribu CPNS Oktober 2019

Total kebutuhan ASN nasional 2019 sejumlah 254.173 formasi yang mencakup 100.000 formasi CPNS 2019, dan 100.000 formasi PPPK/P3K 2019 tahap kedua, dan sisanya sudah dilaksanakan pada seleksi PPPK/P3K 2019 tahap pertama.

Tampaknya kebutuhan belum memenuhi harapan tenaga honorer yang tentu saja semuanya ingin diangkat menjadi CPNS, dan kabar baiknya Mendikbud minta tambahan kuota sebanyak 180 ribu CPNS dengan prioritas tenaga honorer.
"Terdiri dari 110 ribu untuk honorer, sebanyak 42 ribu guru pengganti PNS yang pensiun dan 28 ribu untuk guru yang ditempatkan di sekolah-sekolah baru," ujar Muhadjir di Depok, Jawa Barat pada 02 Agustus 2019 lalu.
Mendikbud mengharapkan agar alokasi perekrutan CPNS untuk guru diperbanyak. Dia mengklaim kebutuhan guru saat ini lebih dari 707 ribu orang.
"Ini juga merupakan salah satu upaya untuk mengatasi persoalan honorer yang ada saat ini," ujarnya.
Mendikbud mengatakan untuk usulan sebanyak 180 ribu itu terdiri antara CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Perja (PPPK). Untuk guru honorer yang memenuhi syarat, dipersilakan untuk ikut tes CPNS. Sedangkan yang usianya diatas 35 tahun terutama honorer K2 bisa mendaftar untuk PPPK.

Untuk pengangkatan guru honorer terbagi dalam tiga skema yaitu, pertama untuk menuntaskan guru honorer, kedua untuk mengganti guru yang masa pensiunnya akan berakhir, dan ketiga untuk menambah atau mengangkat guru dikarenakan adanya penambahan jumlah sekolah.

Mendikbud juga meminta agar pemerintah daerah diimbau tak melakukan rekrutmen guru honorer.
"Jangan ada lagi pengangkatan guru honorer, baik oleh pemerintah daerah ataupun sekolah," imbuh dia.
Nah usulan ini masih menunggu keputusan. Lihat Hasil Rakornas CPNS 2019

Mendikbud Bakal Buat Aturan Pensiunan Diperbantukan Jadi Honorer

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy tengah siapkan aturan baru yang didalamnya tertulis bahwa pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan diperbantukan sebagai tenaga honorer. Pensiunan ini nantinya diminta sebagai tenaga honorer sementara sampai ASN baru tersediakan.
"Aturannya sedang kita siapkan. Jadi bukan diperpanjang masa pensiunnya ya, masa pengabdiannya diminta diperpanjang sampai ada ASN pengganti," tegas Muhadjir di Konvensi Nasional I Himpunan Indonesia untuk Pengembangan Ilmu-Ilmu Sosial (HIPIIS) di Universitas Muhammadiyah Malang, Selasa, 7 Agustus 2019.

Selain itu juga tidak diperkenankan menambah honorer karena jumlah tenaga honorer yang saat ini sedang dalam proses penyelesaian tidak akan bertambah lagi.
"Sehingga diusahakan tidak akan ada lagi pengangkatan guru-guru honorer oleh kepala sekolah. Karena guru honorer yang ada sekarang mau kita selesaikan, kita tuntaskan. Kalau sekolah ngangkat terus guru honorer, kapan selesainya," jelasnya.
Keputusan tersebut secepatnya akan diterapkan dan beberapa kali secara informal telah disosialisasikan pada Kepala Dinas se-Indonesia. Aturan dan rambu-rambunya pun akan dibuat dengan prinsip tidak memaksa.
"Masak tidak mau kok dipaksa, cuma kita ketuk hati yang paling dalam. Kan mereka ini guru profesional kan siap diminta setiap saat kan bertugas," terangnya.
Perihal Pengangkatan Honorer direncanakan selesai di Tahun 2024

Langkah selanjutnya juga dijelaskan oleh Mendikbud agar tidak lagi ada pengangkatan guru honorer. Persoalan guru honorer ditargetkan akan selesai tahun 2024.

Jumlahnya guru honorer sekarang pun membengkak menjadi sekitar 840 ribu dari sebelumnya dilaporkan sebanyak 736 ribu.
"Karena sekolah sudah pada ngangkati honorer lagi. Kalau begitu kan nggak selesai. Mohon kesadarannya untuk tidak mengangkat lagi guru honorer. Karena kalau ngangkat lagi tidak akan selesai nanti. Kan berjanji akan kita tuntaskan," jelasnya. 
 Lebih lanjut mengenai nasib honorer silahkan cek di Oktober 2019 Honorer akan diangkat menjadi CPNS dan PPPK.

Jadwal CPNS 2019 : Pendaftaran CPNS 2019/2020: JadwalCPNS.com

Bagikan :
Description
: Nasib Honorer dalam CPNS dan PPPK 2019 dan Bakal Diangkat Sampai 2024, Cek Informasinya.
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Nasib Honorer dalam CPNS dan PPPK 2019 dan Bakal Diangkat Sampai 2024, Cek Informasinya.