CPNSNews.com ~ Perlu diingat bahwa Sscasn.bkn.go.id  merupakan Web Pengumuman CPNS 2019, silahkan dibookmark atau diingat baik-baik sebab pada waktunya nanti disanalah proses pendaftaran CPNS maupun PPPK berlangsung. "Sscasn.bkn.go.id Web Pengumuman CPNS 2019, Simak 5 Poin Penting Berikut"



Agenda Pemerintah yang akan mengadakan pembukaan CPNS di bulan Oktober yang akan datang semakin dekat. Bukan saja penerimaan CPNS melainkan ada juga Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang merupakan tahap II dengan formasi yang cukup besar.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana memprediksi peserta seleksi CPNS 2019 akan mencapai 5,5 juta. "Jumlah peserta tes diasumsikan bertambah, sehingga total estimasi yang ikut seleksi ASN 2019 menjadi 5,5 juta orang gabungan antara instansi pusat dan daerah," kata Bima dalam Rapat Koordinasi Perencanaan ASN Tahun 2020-2024, Jakarta. 

Bayangkan 5 juta orang ingin bersaing menjadi pegawai tahun ini, dan hal wajar prediksi tersebut karena di periode sebelumnya jumlah peserta mencapai 3.636.251 juta dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791. Sementara P3K mencapai 182.452 pelamar.

Dari segi soal bisa dibagi menjadi 2 bagian yaitu soal ujian instansi pusat dan satunya lagi daerah. Dengan perubahan soal dari tes tahun lalu karena dianggap memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

Di tahun ini juga calon pelamar disajikan 2 jalan ikut seleksi yakni CPNS atau P3K. Sebelumnya proses perekrutan P3K direncanakan lebih dulu namun karena situasi panselnas dan kondisi menjelang pembentukan kabinet baru maka direncanakan nanti keduanya dibuka di bulan Oktober 2019.

Artinya jumlah pelamar 2 kali lebih banyak dari prediksi pelamar CPNS yang 5 juta orang itu, berikut pernyataan dari BKN beberapa waktu lalu.

"Jika 2 pilihan maka potensi peserta ujian menjadi 11 juta orang," tulis BKN. 

Untuk pelaksanaannya nanti, lokasi ujian terbagi menjadi 108 titik yang terdiri dari station CAT BKN dan CAT instansi daerah. Lokasinya terdiri dari station CAT berjumlah 31 titik lokasi dan instansi daerah 77 titik lokasi dengan jumlah 7.532 PC.

Tidak hanya itu, saat ini BKN sudah mempertimbangkan untuk menambah titik lokasi station CAT sebagai antisipasi terhadap peningkatan jumlah peserta ujian CPNS 2019 atau PPPK.

Selanjutnya sarana tambahan bisa menggunakan sarana dan prasarana UNBK atau Kementerian Agama bilamana tidak berbarengan dengan agenda dari instansi yang dilibatkan.

Apakah sama Tes CPNS 2018 dan 2019?

Dijelaskan oleh Biro Humas BKN Mohammad Ridwan tentang perbedaan seleksi CPNS tahun 2019 ini dengan tahun lalu adalah sebagai berikut.

"Hanya teknologinya [berubah], mungkin yang tadi saya sampaikan akan membuat mempermudah persyaratan," ujarnya saat di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019). 

Teknologi yang bagaimana dimaksud oleh pejabat BKN tersebut?

Menurut Ridwan, BKN sedang mengembangkan teknologi yang dapat memudahkan peserta yang memiliki kemampuan penglihatan rendah dan sulit mengisi persyaratan maupun ujian. Kemungkinan lanjut dia, para peserta yang memiliki penglihatan rendah akan menggunakan metode voice recognition. "Bagaimana misalnya soal-soal yang tadinya tulisan menjadi voice. Tapi sudah pernah dilihatkan ke kami dan itu sedang dikembangkan, lebih kepada pengembangan teknologi yang mempermudah," ucapnya.
Nah selain beberapa informasi diatas, simak 5 Poin Penting Berikut.

1). Penyebab Pendaftar Gagal Seleksi Administrasi
Ada 4 masalah atau kendala utama yang terjadi di tahun lalu menjadi penyebab pendaftar gagal dalam seleksi administrasi CPNS yaitu : pertama, database kependudukan yang tidak update. Kedua, sejumlah ijazah pelamar tidak sesuai kualifikasi Pendidikan yang dipersyaratkan. Ketiga, KTP yang diunggah pelamar tidak jelas atau bukan KTP asli. Dan keempat, sejumlah dokumen pendukung yang dilampirkan tidak lengkap.

2). Formasi Guru dan Tenaga Kesahatan Paling Besar Dibuka

Kenapa keduanya menjadi yang paling besar dalam lowongan CPNS 2019?  Karena dokter-dokter di puskesmas kita saat ini baru sekitar 75 persen. Sama halnya dengan guru atau tenaga pendidik, banyak dibutuhkan.

3). Tenaga Administratif Tak Dibuka

Menpan Syafruddin menjelaskan pemerintah saat ini tengah mencari banyak tenaga profesional. Oleh karenanya, dia menambahkan, pemerintah belum akan membuka lowongan bagi tenaga administratif pada PPPK Tahap II dan CPNS 2019 nanti.

4). Formasi Khusus Tak Akan Dibuka Besar

Berikut pernyataan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana.

"Mungkin tahun ini tidak begitu banyak. Kalau pun ada paling sekitar 1-2-3 orang. Tidak akan sebanyak yang kemarin," jelas dia.

5). Masyarakat Diminta Fokus Pilih Salah Satu Antara PPPK dan CPNS

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, mengimbau calon peserta untuk fokus mengikuti salah satu di antaranya saja.

"Saya belum tahu apakah nanti boleh mendaftar dua-duanya. Tapi bagi saya enggak usah gambling, persiapkan diri untuk PPPK atau persiapkan diri untuk CPNS saja, karena materi soal dan sistematikanya berbeda," tuturnya.

Saran ini disampaikan lantaran dirinya tak mau calon peserta kelimpungan akibat mendaftarkan diri dalam seleksi PPPK dan CPNS. "Kalau CPNS kan dia harus belajar untuk SKD, SKB, dan lain-lain. Kalau PPPK ya langsung dijadiin satu," sambungnya.

Lalu dimana pendaftaran online baik CPNS maupun PPPK dilakukan? jawabannya adalah Sscasn.bkn.go.id Web Pengumuman CPNS 2019. Cek Jadwal Pendaftaran CPNS 2019.

Jadwal CPNS 2019 : Pendaftaran CPNS 2019/2020: JadwalCPNS.com

Bagikan :
Description
: Sscasn.bkn.go.id Web Pengumuman CPNS 2019, Simak 5 Poin Penting Berikut
Rating
: 4.5
Reviewer
: CPNS Guru
ItemReviewed
: Sscasn.bkn.go.id Web Pengumuman CPNS 2019, Simak 5 Poin Penting Berikut